Gelaran MTQ XXIX Kabupaten Sintang
Mempertandingkan 4 Cabang, Diikuti 232 peserta

PEMBUKAAN MTQ: Sejumlah kontingen kecamatan yang hadir dalam pembukaan MTQ ke-XXIX Kabupaten Sintang di Pendopo Bupati Sintang, baru-baru ini.ARIS MUNANDAR/PONTIANAK POST

SINTANG—Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Kabupaten Sintang yang mengusung tema Pengembangan Dakwah yang Bersumber dari Nilai-Nilai Al-Qur’an di Masa Pandemi Untuk Sintang yang Sehat dan Religius telah resmi dibuka di Pendopo Bupati Sintang, beberapa waktu lalu.

Saat pembukaan kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto menyampaikan akan memberikan dukungan sepenuhnya atas terselenggaranya MTQ  tingkat Kabupaten Sintang  XXIX tahun 2021.

“Kepada semua peserta MTQ dari seluruh kecamatan, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat mengikuti MTQ ini. Semoga keikutsertaan saudara-saudara memberi manfaat untuk bangsa dan negara,” ucap Sudiyanto.

Tema yang dipilih dalam MTQ ini merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur’an serta mengembangkan dakwah Islam yang bersumber dari nilai-nilai Al-Qur’an dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Pada pelaksanaan MTQ ini akan tampil peserta terbaik dari seluruh kecamatan, generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif, dan yang berkarakter Islami.

“MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tapi sebagai jalan untuk mengedukasi umat agar semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka. Serta juga yang sangat penting, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah,” ucapnya.

Ia pun meyakini dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah. Tapi juga akan memperkokoh semangat  kebangsaan, semangat persaudaraan, dan kepedulian terhadap sesama di masa pandemi seperti sekarang ini. “Kita harus ikhlas saling membantu tanpa harus melihat perbedaan suku, agama, maupun kelompok, berbagi untuk meringankan beban saudara-saudaranya yang sedang menghadapi kesulitan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-XXIX Kabupaten Sintang tahun 2021, Anang Nurkholis mengatakan kegiatan MTQ ini dilaksanakan dari 23-27 Juli 2021 yang akan diikuti oleh 232 orang peserta. Adapun cabang lomba ialah Tilawah Qur’an, Hifdzil Qur’an, Fahmil Qur’an dan Syahril Qur’an. Pelaksanaan MTQ dilakukan di 5 tempat, yaitu Masjid Agung An Nur Sintang, Masjid Al Amin Sintang, Gedung Pancasila Sintang, STAIMA Sintang, dan Aula Gedung MTs N 1 Sintang.

Dikatakan Anang, setiap pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan dari masing-masing kategori lomba. “Untuk dana pelaksana kami peroleh dari dana hibah Kabupaten Sintang tahun anggaran 2021. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sintang yang telah memberikan dukungan sehingga MTQ tahun 2021 ini bisa terlaksana,” ungkap Anang.

Ia menambahkan, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan MTQ tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya. Dalam pelaksanaan lomba-lomba tersebut juga, panitia menerapkan protokol kesehatan dengan melibatkan petugas medis di setiap lokasi lomba selama pelaksanaan MTQ ini.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat bahwa MTQ tahun ini tidak dilaksanakan meriah seperti biasanya. Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaan pun kami menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan melibatkan Satgas Covid-19 dan juga tim medis,” pungkasnya. (ris)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!