Mengatasi Jenuh Work From Home

Bekerja di rumah atau work from home berminggu-minggu di rumah pasti memunculkan rasa bosan. Jika dibiarkan, berpengaruh pada pekerjaan yang dilakukan. Bagaimana cara mengatasinya?

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Sebagian orang merasa sulit produktif kerja dari rumah. Apalagi jika bosan melanda. Seperti dirasakan Nur Rizkia. Pegawai BUMN ini merasa lebih sulit untuk fokus saat di rumah daripada di kantor.

“Selain menyelesaikan pekerjaan, pegawai juga dituntut untuk selalu stand by setiap saat selama jam kerja berlangsung,” curhatnya.

Zikri Putra juga mulai merasa jenuh dan bosan. Akhirnya menimbulkan rasa malas. Apalagi suasana rumah mendukung untuk ‘bermalas-malasan”. Namun, dia tetap berusaha menanamkan dalam dirinya bahwa  WFH bukan berarti liburan.

“Sebagai pegawai diri tetap harus produktif menjalankan kewajiban kantor,” ungkapnya.

Psikolog Romi Arif Rianto, S.Psi mengatakan kegiatan yang dilakukan secara monoton, seperti WFH yang telah berjalan kurang lebih selama tiga minggu ini cenderung menimbulkan rasa jenuh. Banyak faktor penyebabnya. Salah satunya karena kegiatan yang dilakukan hanya itu-itu saja.

Romi menuturkan jika merasa bosan berarti membutuhkan variasi kegiatan. Tidak hanya sekadar bekerja di depan meja dan berhadapan dengan kertas saja,

“Tapi, ada hal lain yang bisa dilakukan orang tersebut,” tutur Romi.

Rasa bosan wajar terjadi. Apalagi dilakukan dalam rentang waktu cukup lama seperti WFH saat ini. Akhirnya kreativitas bekerja menurun.

“Karena bosan jadi tidak mau lagi melakukan hal yang sama. Pekerjaan pun menjadi terhambat,” tutur Romi.

Bagaimana mengatasi rasa jenuh dan bosan selama WFH? Psikolog di RSJ Provinsi Kalbar, Singkawang ini mengungkapkan setiap orang punya daya tahan tersendiri. Paling tidak setelah lima menit, bisa keluar dulu dari hal yang dikerjakan. Alihkan perhatian dan fokus ke tempat lain (di luar pekerjaan).

“Bisa melakukan aktivitas lain yang disukai. Terpenting bisa teralihkan sementara dari pekerjaan tersebut. Usahakan lakukan secara terus menerus,” ungkapnya.

Bisa juga mendesain meja ruang kerja di rumah semenarik mungkin untuk memberikan suasana baru. Bisa menaruh foto anak dan keluarga maupun gambar-gambar aktivitas favorit, seperti perjalanan travelling.

“Pasti bisa mengurangi rasa bosan,” yakin Romi.

Hal lain yang bisa dilakukan mengadaptasi kantor lain yang menyediakan fasilitas untuk melepaskan penat. Bisa mengubah salah satu ruangan atau halaman rumah dengan fasilitas-fasilitas menyenangkan yang ada di rumah.

“Jadi, saat bosan dengan pekerjaan, Anda bisa melepaskan aktivitas di tempat tersebut,” tutur Romi.**

 

loading...