Menuju 1000 Suara untuk La Dea

SCUDETTO ATALANTA

BERGAMO,– Atalanta menyabet scudetto Serie A untuk kali pertama di musim ini? Dilihat dari beberapa opsi menyudahi Serie A musim ini, peluang itu masih terbuka andai playoff empat besar usulan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) yang dipakai. Tapi ada teori lain yang bisa dipakai jika ingin melihat La Dea, julukan Atalanta, dinobatkan sebagai pemenang Serie A.

Ya, teori kemanusiaan. Seperti yang diusulkan dalam sebuah petisi di laman Change.org, dua hari lalu WIB (5/4). Seseorang bernama Franco Cascio yang menginisiasi gerakan bernama “Comitato Scudetto alla Dea” mengajak fans di seluruh dunia, khususnya fans Atalanta dan Serie A agar menanda tangani petisi tersebut. Petisi itu ditujukan kepada Lega Calcio sebagai operator penyelenggara Serie A.

’’Seperti diketahui, darurat Covid-19 telah menghentikan Serie A. Di saat ini, tampaknya sangat tak mungkin untuk memulai kembali musim 2019 – 2020. Opsi lainnya pun dapat diambil dengan menetapkan Serie A musim ini tanpa scudetto. Proposal kami adalah menetapkan musim ini scudetto jadi milik Atalanta,’’ tulis Cascio dalam ajakannya, dilansir laman Bergamo News.

Menurut Cascio, kejutan yang dihadirkan Papu Gomez dkk dua musim terakhir ini sudah bisa jadi pertimbangan. Setelah finis di tiga besar Serie A untuk kali pertama dalam sejarahnya di musim lalu, skuad asuhan Gianpiero Gasperini itu juga mencatat sejarah penting musim ini. Ya, di musim ini Atalanta lolos ke perempat final Liga Champions. Capaian terhebat sepanjang 112 tahun klub itu berdiri.

’’Selain itu, ini pun sebagai penghormatan untuk Bergamo sebagai kota paling menderita karena virus korona,’’ sambung Cascio. Bergamo termasuk di region Lombardia, region terparah “dihajar” Covid-19. Sampai kemarin, sudah ada 49118 kasus dan 8656 angka kematian di sana. Dari jumlah itu, 9558 kasus di antaranya dari Bergamo.

Usulan ini bukan kali pertama muncul sejak Serie A dihentikan sebulan lalu. Usulan yang sama sudah sempat dimunculkan oleh jurnalis Italia, Michele Criscitiello, dalam editorial laman Tuttomercatoweb edisi 23 Maret lalu. ’’Apalagi, Atalanta mencatat sejumlah sensasi musim ini,’’ tulis Criscitiello kala itu.

Sampai berita ini ditulis tadi malam WIB, sudah 672 fans yang turut menandatanganinya. Dalam sehari kemarin WIB (6/4), peningkatannya cukup pesat. Lebih dari 500 orang yang ikut di dalam menandatangani petisi tersebut. Media-media Italia, salah satunya Tutto Atalanta, menilai hari ini petisi itu bisa tembus 1000 tanda tangan.

Legenda Brasil, Zico, juga ikut mendukung Atalanta mendapat satu penghormatan musim ini. Diwawancarai La Gazzetta dello Sport, Zico memuji performa Atalanta musim ini. ’’Bahkan, di antara klub-klub Italia yang ada di Eropa, Atalanta paling fantastis. Main dengan kolektivitas pemainnya yang kuat. Tanyakan Manchester City bagaimana menghadapinya. Aku bisa melihat, tim ini sebagai tim hebat musim ini,’’ puji Zico yang sempat bermain di Serie A dengan Udinese, 1983 – 1985 silam itu. Lalu bagaimana menurut Anda? Layakkah scudetto untuk Atalanta? (ren)

error: Content is protected !!