Menuju Kampus Cyber, UPB Pontianak Teken Kerja Sama dengan Pontianak Post

KERJASAMA: Rektor  Universitas Panca Bhakti, Purwanto bersama Direktur Pontianak Post, Salman Busrah melakukan nota kerjasama,Sabtu(15/3). HARYADI/PONTIANAKPOST

PONTIANAK – Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak menggaet media massa dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di kampus itu. Pontianak Post, menjadi salah satu media yang siap berkolaborasi dengan universitas yang berlokasi di Jalan Komyos Sudarso itu.  Sabtu (14/3), keduanya melakukan pertemuan sekaligus penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

“Kami sedang mengikhtiarkan transformasi agar menjadi universitas yang lebih baik. Kami berharap rekan-rekan media bisa bersama-sama berkontribusi bagi masyarakat Kalbar,” ungkap Rektor UPB Pontianak, Purwanto, Sabtu (14/3). Purwanto menyatakan bahwa pihaknya saat ini tengah berbenah. Universitas swasta yang dipimpinnya tersebut sedang meningkatkan sarana dan prasarana belajar, mulai dari pembangunan aula, ruang belajar, masjid, gedung olahraga, dan sarana lainnya, guna meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Selain itu, pihaknya juga sedang menjaring sumber daya manusia yang berkualitas, untuk bersama-sama membangun perguruan tinggi tersebut.  “Kami ingin mewujudkan UPB sebagai kampus cyber,” kata dia.

Untuk mewujudkan hal ini, pihaknya telah meningkatkan infrastruktur pendukung, antara lain, beralih dari listrik konvensional ke premium. Selain itu, pihaknya juga meningkatkan kapasitas dan peforma server yang dimiliki supaya jaringannya bagus. “Dengan kualitas server yang baik ini, bukan tidak mungkin bila nanti mahasiswa bisa kuliah di rumah,” kata dia. Purwanto menambahkan, saat ini jumlah alumni UPB Pontianak ada lebih dari ribuan orang. Mereka tersebar di berbagai daerah dengan profesi mereka masing-masing. Saat ini masih ada empat ribuan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di kampus swasta tersebut.

Direktur Pontianak Post, Salman Busrah menyambut baik kerja sama tersebut. Dia menilai, kerja-kerja akademik di perguruan tinggi sangat bisa bersinergi dengan media massa. Di samping itu, keberadaan media massa sampai saat ini dinilai masih menjadi salah satu sarana komunikasi publik paling efektif. Sehingga media massa menjadi salah satu mitra penting bagi banyak institusi termasuk perguruan tinggi. Kedekatan dengan media massa dinilai dapat mendorong pembentukan citra perguruan tinggi yang positif. “Koran kami ada kolom khusus untuk menerbitkan tulisan-tulisan dari para pembaca. Jika nanti ada tulisan-tulisan dari para civitas akademika di UPB yang ingin memuat tulisannya di kolom opini kami, itu sangat bisa,” kata dia. (sti)

loading...