Menyikapi Ramadhan di Tengah Pandemi  

Ridwansyah Kakanwil Kemenag Kalbar

Oleh: Ridwansyah

SETELAH setahun berjalan, kita hidup dalam keperihatinan karena mendapat ujian dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, berupa wabah Covid-19.

Saat ini kita berada kembali di bulan suci Ramadhan 1442 H yang penuh berkah dan rahmat Allah, SWT.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang haq dengan yang batil.  Pada bulan Ramadhan ini pula kaum mukminin diperintahkan untuk berpuasa selama satu bulan di manapun ia berada saat itu. Sebagaimana firman Allah dalam Qs. Al Baqarah ayat 185 yang artinya:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil), karena itu barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, … dst.”

Puasa sendiri adalah suatu ibadah yang telah pula dijalankan umat-umat terdahulu sebelum umat Nabi Muhammad SAW dan kaum-kaum yang ada di seluruh dunia sebagai suatu ritual keagamaan untuk mendekatkan diri kepada tuhannya. Tentu pelaksanaan puasa itu ada yang berbeda antara suatu penganut agama yang satu dengan penganut agama yang lainnya.

Pelaksanaan puasa bagi kaum muslimin telah diajarkan secara jelas oleh Allah Swt melalui rasul-Nya Muhammad SAW. Satu waktu yang diwajibkan bagi kaum muslimin berpuasa adalah di bulan Ramadhan.  Karena dengan puasa itulah kita akan menjadi hamba-Nya yang bertaqwa sebagaimana firman-Nya dalam Qs. Al Baqarah : 183:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Bulan Ramadhan mempunyai banyak keistimewaan dan keberkahan. Ia adalah bulan ibadah dan bulan berlimpah pahala dari Allah SWT. Pada bulan ini kaum muslimin selain diwajibkan berpuasa juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah sunnah dan menghidupkan malam-malam Ramadhan dengan shalat tarawih, tadarrus dan i’tikaf.

Karenanya marilah bulan suci Ramadhan yang segera kita masuki ini kita isi dengan amal ibadah yang sebaik-baiknya. Kita laksanakan puasa dan qiyam Ramadhan dengan ikhlas semata-mata karena iman dan mengharap ridha dari Allah Swt sehingga terhapuslah dosa-dosa kita yang telah lalu

Berkenaan dengan amaliyah bulan Ramadhan 1442 H/2021 M ini, maka saya mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H/2021 M kepada kaum muslimin di Kalimantan Barat. Marilah kita laksanakan puasa Ramadhan dengan sebaik-baiknya sehingga mencapai hasil yang maksimal dan mewarnai kehidupan kita di masa-masa yang akan datang. Kita isi bulan Ramadhan dengan memperbanyak amal shaleh dan peningkatan kepedulian kepada kaum yang tidak berpunya, memperbanyak infak dan sedekah serta membayar zakat sesuai ketentuan yang ada.

Untuk menjaga kekhusyukan dan ketenteraman pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan, kepada saudara-saudara non Muslim saya menghimbau untuk menghormati dan mengembangkan toleransi yang tinggi kepada kaum Muslimin di sekitarnya yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan sehingga keharmonisan, kerukunan hidup antar umat beragama di masyarakat senantiasa terbina dan terjaga dengan baik.

Mengingat Ramadhan tahun ini kita masih berada dimasa Pandemi Covid-19, maka kami menghimbau untuk kita semua dalam menjalankan Ibadah-ibadah sunnah dibulan Ramadhan untuk selalu mematuhi Protokol kesehatan yang telah ditentukan yaitu Memakai Masker, menjaga jarak, mencuci tangan, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas keluar rumah. Wassalamu’alaikum Wr.  Wb.

Penulis, Kepala Kanwil.Kemenag Prov.Kalbar.  

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!