Merdeka Dalam Kemiskinan

opini pontianak post

ilustrasi opini

Oleh: Muhammad Rizky Septian, SST

Genap 74 tahun sudah Indonesia merdeka, namun tak sedikit anak bangsa yang masih bermimpi meraih sebuah kemerdekaan. Bukan secara de jure (hukum) karena secara de jure memang bangsa Indonesia telah merdeka, namun secara de facto (fakta). Bangsa Indonesia belum sepenuhnya merdeka karena masih banyak anak bangsa yang belum merasakan cita-cita kemerdekaan. Kemiskinan, ketimpangan sosial, pengangguran, kriminalitas, dan masalah sosial ekonomi lainnya masih menjadi situasi keseharian yang dihadapi.

Kesejahteraan, kecerdasan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang dicita-citakan masih belum dapat diwujudkan seutuhnya. Masalah kemiskinan merupakan salah satu bukti nyata bahwa kita belum sepenuhnya merdeka.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), total jumlah penduduk miskin Indonesia mencapai 25,14 juta orang (9,41 persen) pada Maret 2019 dengan garis kemiskinan untuk daerah perkotaan sebesar 442.062 rupiah per kapita per bulan dan untuk daerah perdesaan sebesar 404.398 rupiah per kapita per bulan. Penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan tersebut yang dikategorikan sebagai penduduk miskin.

Kalimantan Barat sendiri pada Maret 2019, berada ditingkat pertama berdasarkan jumlah penduduk miskin di Kalimantan dan peringkat keenam belas secara nasional. Hasil rilis Berita Resmi Statistik (BRS) 5 Agustus 2019 menyatakan bahwa pada Maret 2019 jumlah penduduk miskin di Kalimantan Barat mencapai 378,41 ribu jiwa (7,49%).
Angka kemiskinan di Kalimantan Barat selalu berada pada 7 hingga mendekati 8 persen selama lima tahun terakhir.

Parahnya lagi, pada tahun 2018 ada dua kabupaten yaitu Landak dan Melawi yang angka kemiskinannya sudah mencapai lebih dari 11 persen tepatnya 11,77 persen dan 12,83 persen. Hal ini berarti untuk setiap sepuluh orang di kabupaten itu, ada sekitar satu orang warga yang miskin.

Read Previous

Semangat Nasionalisme Pemuda Lewat Dialog Kebangsaan

Read Next

Xing Fu Salurkan Bantuan Ke Penderita Stroke

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *