Midji Bangga Para Pemenang Merata di Setiap Daerah

PENYERAHAN HADIAH: Ketua LPTQ Kalbar, Andi Musa memberikan hadiah kepada para pemenang. Foto kanan, peraih juara 1 kategori tilawah remaja putra, Muhammad Raihan Jamil. RIESALA ANVAR/PONTIANAKPOST

MTQ XXVIII Tingkat Provinsi di Kabupaten Sekadau Resmi Ditutup

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ ) XXVIII tingkat provinsi di Kabupaten Sekadau resmi ditutup oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji secara virtual, (21/9). Midji mengaku bangga, para pemenang merata di setiap daerah.

RIESALA ANVAR, sekadau

Pelaksanaan MTQ ) XXVIII, 16-21 September di GOR Mungguk Ransa, Sekadau, melahirkan juara yang nantinya akan mewakili Kalimantan Barat di ajang MTQ XXVIII Nasional di Sumatera Barat dan STQ Nasional 2021 di Maluku Utara.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengatakan, pemantapan para peserta sebelum ke ajang nasional akan lebih baik, karena saat ini di sekretariat LPTQ Kalbar sudah ada penginapan dan lain sebagainya. Sehingga sudah ada tempat untuk beristirahat dan lainnya. “Saat ini sudah ada 16 kamar, mudah-mudahan ke depannya akan ada lebih banyak lagi,”ucpanya.

Ia meminta untuk dilakukan evaluasi sebelum bertanding di tingkat nasional. Menurutnya di MTQ kali ini belum ada yang bisa meraih hasil yang maksimal, yaitu memiliki nilai 95 keatas. Kebanyakan para juara hanya meraih nilai 89 hingga 90an.

“Harus ada catatan untuk para peserta di semua bidang untuk lebih ditingkatkan lagi, agar di tingkat nasional kita dapat berbicara banyak. Selain itu kita dapat mengembalikan Kalbar sebagai gudang Hafidz hingga Qori dan Qoriah terbaik,”jelasnya.

Midji mengungkapkan, turut senang karena para juara kali ini cukup merata disetiap daerah di Kalbar. “Jadi andalan setiap daerah itu berbeda beda. Mudah-mudahan kedepannya pembinaan kita akan semakin lebih baik,” tambahnya.

Ia juga berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sekadau karena tidak bisa hadir secara fisik di Kabupaten Sekadau, sebab kondisi Pandemi Covid-19 yang harus ditangani secara serius. “Selain itu banyak sekali kegiatan nasional yang harus dihadiri secara virtual dan tidak bisa diwakilkan,” ujar Midji.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kalbar, Andi Musa menjelaskan, nantinya akan dilaksanakan TC dua kali sebelum keberangkatan ke Padang, Sumatera Barat. Para pemenang nantinya akan melakukan TC di Kota Pontianak.

“Setelah ini akan kita daftarkan nama-nama yang akan mewakili Kalbar. Kita akan lakukan dua kali TC, yang pertama di awal Oktober dan kedua di awal November sekaligus keberangkatan ke Padang,”ujarnya.

Ia berharap yang belum berhasil menjadi juara kali ini untuk tetap terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan agar bisa lebih baik lagi di MTQ XXIX di Kabupaten Sintang tahun 2021. “Untuk persiapan STQ Nasional kita masih mempunyai banyak waktu untuk persiapannya kedepan,”tandasnya.

Sementara itu, juara 1 Cabang Tilawah Qur’an golongan Remaja Putra, Muhammad Raihan Jamil asal Kubu Raya mengaku senang dan akan berjuang lebih keras untuk MTQ tingkat nasional.

Atas raihannya di MTQ XXVIII kali ini, dirinya tak lupa mengucapkan syukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

“Saya juga berterima kasih kepada orang tua yang sudah membimbing dan guru-guru saya yang sudah mengajar saya,” ungkapnya.

Diakui Raihan, dirinya sudah mempersiapkan diri sejak November 2019. Dan selanjutnya akan lebih fokus mengikuti latihan di tingkat Provinsi untuk mengikuti MTQ tingkat nasional.

“Kita (Kafilah Kabupaten Kubu raya) sudah latihan dari bulan November 2019. Syukur Alhamdulillah bisa meraih hasil di MTQ kali ini,”ucapnya.

Ia mengatakan, akan ada evaluasi dari MTQ kali ini untuk menghadapi MTQ Nasional yang akan digelar November mendatang, “Evaluasinya terkait bacaan dan juga suara,” jelasnya.Terkait kesan pesannya selama di Kabupaten Sekadau, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pontianak itu mengaku baru pertama kali melihat mimbar yang sangat mempesona.

“Mimbar kali ini berbeda dari yang sebelum-sebelumnya. Baru kali ini melihat bagus seperti ini,”jelasnya. Dirinya mengaku jika sudah dari tahun 2015 sudah ikut perlombaan, “Dulu dari kategori anak-anak hingga saat ini di kategori remaja,”pungkasnya. (var)

 

error: Content is protected !!