Midji Instruksikan Realokasi Anggaran untuk Penanganan Covid-19

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. foto Shando Safela

POTIANAK-Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menindaklanjuti arahan presiden melakukan realokasi anggaran, terutama anggaran yang tidak mendesak agar digunakan untuk penanganan wabah Covid-19.

Ia meminta seluruh bupati dan wali kota se-Kalbar melakukan hal sama, sehingga dapat menolong masyarakat yang berpenghasilan rendah.

“Kartu apapun yang menjadi program pemerintah pusat jika sudah diserahkan maka harus segera didistribusikan ke masyarakat penerima,” ungkapnya kepada Pontianak Post, Selasa (24/3).

Orang nomor satu di Kalbar itu berharap beberapa anggaran kegiatan bisa dipangkas. Seperti perjalanan dinas, lalu kegiatan rapat-rapat di kantor juga sementara bisa ditiadakan. Termasuk untuk belanja-belanja lain yang dianggap tidak perlu diharapkan bisa dipangkas.

Selain itu ia juga meminta CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan yang beroperasi di Kalbar, hendaknya diarahkan untuk membantu masyarakat tidak mampu yang tinggal di sekitar perusahaan. Dengan demikian bisa sedikit meringankan beban masyarakat menghadapi situasi saat ini. “Sementara (CSR) jangan diarahkan untuk hal lain,” pintanya.

Mengenai fasilitas kesehatan, ia mengimbau Rumah Sakit (RS) di semua daerah bisa digunakan untuk penanganan Covid-19. Baik untuk mengisolasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 maupun yang sudah terkonfirmasi atau positif.

“Sebab jika ada yang positif penangannnya tentu sangat urgent dan memerlukan pengamanan tingkat tinggi,” ujarnya.(bar)

error: Content is protected !!