Midji: Nak Ngopi? Saye Karantina!

Gubernur Kalbar, Sutarmidji. foto Jemi Ibrahim

PONTIANAK- Melihat perkembangan kasus Covid-19, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mengimbau masyarakat tetap berada di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak di luar. Ia mengancam bakal mengisolasi warga yang masih nekat kongko atau nongkrong di warung kopi (warkop).

“Untuk itu bagi masyarakat yang masih tidak mengindahkan imbauan pemerintah dan masih berkumpul seperti nongkrong di warung kopi dan lain sebagainya, maka kemungkinan akan diambil kebijakan mengisolasi di RS yang sudah disiapkan,” katanya melalui pesan suara, Jumat (20/3).

Warung-warung kopi harus membatasi jam operasional. Karena bagaimanapun lanjut dia, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tidak akan berhasil jika tidak dilakukan bersama. Perlu dukungan semua pihak agar bisa berjalan efektif.

Orang nomor satu di Kalbar itu mengingatkan, di provinsi ini Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang diisolasi semakin hari semakin banyak. “Dan ini juga perkembangan terakhir ada pengembalian WNI yang melanggar aturan (deportasi) di Malaysia, jumlahnya hampir 200 orang,” ujarnya.

Hal itu kemudian menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia, mengingat pemerintah Malaysia sudah menjalankan kebijakan lockdown. Yang artinya kasus Covid-19 di negara tersebut sudah cukup tinggi. (bar)

error: Content is protected !!