Minta Guru Jaga Etika Profesi

SINTANG – Bupati Sintang Jarot Winarno meminta Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sintang bisa turut mengawasi etika profesi guru, baik dalam kegiatan sehari-hari dan dalam dunia pendidikan.

“Misal jangan sampai ada punggutan liar di sekolah segala macam, Gubernur Kalbar bilang tidak boleh ada punggutan macam-macam. Ada satu sekolah meminta punggutan, kita tak tipis telinga, kita tanya dengan Dinas Pendidikan, kita tanya dengan guru yang lain, dengan PGRI, benar tidak. Itulah salah satu etika profesi yang di jaga,” beber Jarot.

Mantan dokter di RS Soedarso Pontianak ini juga menilai PGRI merupakan organisasi yang sangat strategis. Jarot menilai, menilai keberadaan PGRI begitu special dan penting, karena merupakan mitra strategis pemerintah dalam dunia pendidikan.

“Wajib melindungi anggotanya, jadi kalau anggota punya masalah, harus di perlakukan secara adil, dan harus mampu mensejahterakan guru,” tambah Jarot.

Jarot juga tak menepis apabila kondisi guru di Kabupaten Sintang juga memiliki masalah. Oleh sebab itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang untuk mengawal dan memastikan tanggung jawab dalam mengekedapan dunia pendidikan bisa berjalan baik.

“Yang jelas para guru tidak sendirian, apapun permasalahan tetap kami tampung, tetap kita ikuti, kemudian kita harap dunia pendidikan ini bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (fds)

 

error: Content is protected !!