Minta Tambahan Nakes-Ruang Covid-19

Dr. Rosa Trifina

SINTANG-Beberapa kendala yang dihadapi pihak RSUD Ade M. Djoen Sintang dalam merawat pasien Covid-19 menjadi bahasan utama dalam rapat koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Pendopo Bupati Sintang, Senin (12/4).

Direktur RSUD Ade M. Djoen Sintang, dr. Rosa Trifina menyampaikan tren penyebaran covid-19 pada tiga minggu ini mengalami peningkatan yang signifikan. “Orang yang terkonfirmasi Covid-19 ini rata-rata kasus berat dan kritis,” ujarnya.

Akibatnya, 4 ruang perawatan Covid-19 di RSUD Ade M. Djoen Sintang yang berjumlah 32 tempat tidur, akibat lonjakan kasus, hanya tersisa 1 tempat tidur yang belum terisi.

Tak hanya fasilitas pelayanan untuk pasien, dari sisi tenaga kesehatan pun saat ini RSUD Ade M. Djoen sedang mengalami kekurangan. Akibat tingginya angka tenaga kesehatan yang terjangkit Covid-19. “Tenaga kesehatan yang terkonfirmasi Covid-19 tiga bulan terakhir totalnya ada 68 orang. Yang sekarang kami istirahatkan untuk 14 hari ke depan sebanyak 17 orang nakes,” ujar Rosa.

“Kami terpaksa akan mengambil perawat dari rawat jalan. Kalau memang tenaga kesehatan dari rawat jalan tidak mampu memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di ruang perawatan Covid-19, nanti tenaga yang tidak punya surat praktek akan kami perbantukan lagi,” tambahnya.

Sementara dari sisi pasien, di minggu kedua April saja mencatatkan angka meninggal dunia sebanyak 5 orang. Ini menjadi angka tertinggi kematian di Sintang.

“Menurut kami adalah kita sebaiknya membuka kembali rumah sakit lama untuk merawat pasien Covid-19. Meskipun ada kendala kekurangan nakes dan lokasi rumah sakit yang ada di tengah pemukiman,” ujarnya. Namun ia juga menegaskan, jika dilakukan penambahan ruangan untuk pasien Covid-19, juga harus dibarengi dengan penambahan nakes.

Opsi lain yang ditawarkan oleh Rosa ialah  RSUD Ade M. Djoen Sintang dikhususkan untuk pasien Covid-19 sampai situasi normal. Sedangkan pasien non Covid-19 dialihkan ke rumah sakit lainnya atau puskesmas rawat inap. (ris)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!