Minuman Berkafein Cegah Obesitas

Pencinta kopi atau teh, biasanya tak cukup hanya minum satu cangkir sehari. Biasanya bisa minum hingga 2-3 cangkir per hari. Sebuah penelitian terbaru menemukan bukti bahwa minum kopi atau teh bisa mencegah obesitas atau kegemukan. Ini karena kafein yang terkandung dalamnya.

Minum 4 cangkir kopi tanpa gula dalam sehari dapat mencegah kenaikan berat badan bahkan setelah makan makanan lemak dan gula yang tidak sehat. Dilansir dari NDTV, Rabu (8/1), para ilmuwan dari University of Illinois menemukan bahwa asupan kafein dapat membatasi penambahan berat badan dan produksi kolesterol. Dikatakan, kafein mengurangi penyerapan lemak sebesar 22 persen dan mengurangi kenaikan berat badan hingga 16 persen.

Perlu diketahui, kafein dalam teh berkisar 65-130 mg. Sementara kopi berkisar 30-300 mg kafein dalam secangkir kopi yang diseduh. Tapi yang pasti, kafein mengurangi akumulasi lipid dalam sel lemak hingga 20 hingga 41 persen. Sehingga, penelitian yang diterbitkan di The Journal of Function Foods mengungkapkan, minuman berkafein dapat dianggap sebagai agen anti-obesitas.

Ketika berbicara tentang asupan kafein melalui teh dan kopi, ada manfaat kesehatan lainnya. Kafein bisa meningkatkan suasana hati dan fungsi otak yang lebih baik, peningkatan tingkat energi dan dorongan metabolisme.

Tetapi, terlalu banyak asupan kafein, dapat berbahaya bagi kesehatan. Kafein bersifat adiktif dan beberapa orang lebih peka terhadapnya. Terlalu banyak minun kafein bisa menyebabkan gelisah, detak jantung yang tidak teratur, gangguan tidur, dan mengalami kesulitan dalam tidur, migrain, tekanan darah tinggi.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), 400 mg kafein aman dikonsumsi setiap hari sehari. Jumlah ideal adalah dengan minum 2-4 cangkir kopi dalam sehari. Dan ibu hamil harus membatasi asupan kafein hingga 200 mg, sesuai saran American College of Obstetricians dan Gynaecologists.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

loading...