Mobile JKN Permudah Pelayanan Kesehatan

SAMBANGI STAND BPJS: Bupati, Wakil Bupati dan Muspida foto bersama di depan stand BPJS Kesehatan Kabupaten Mempawah.ISTIMEWA

Partisipasi BPJS Kesehatan di Mempawah Expo 2019

 MEMPAWAH – Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Mempawah berpartisipasi dalam event Mempawah Expo 2019, yang berlangsung sejak tanggal 20-24 Agustus di GOR Opu Daeng Menambon Mempawah. Berbagai informasi disuguhkan kepada pengunjung. Salah satunya aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memberikan kemudahan pelayanan kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mempawah, Endang Puryanti menjelaskan partisipasinya dalam event tersebut untuk memeriahkan penyelenggaraan Mempawah Expo 2019 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mempawah. Sejak pertama kali penyelenggarannya, BPJS Kesehatan selalu ambil bagian dalam kegiatan tahunan itu.

“Sekaligus menjadi kesempatan bagi kami untuk mensosialisasikan dan mempromosikan program kerja BPJS Kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Mempawah. Maka, kami menampilkan berbagai informasi penting yang berkaitan dengan kinerja pelayanan kesehatan,” sebut Endang kepada Pontianak Post, kemarin.

Salah satu informasi strategis tersebut, ungkap dia yakni aplikasi mobile JKN. Pihaknya menghimbau dan mengajak peserta BPJS kesehatan untuk mendownload aplikasi mobile JKN melalui smartphone masing-masing. Sebab, aplikasi tersebut sangat membantu dan mempermudah peserta mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan.

“Bagi mereka yang berhasil mendownloadnya, maka kami berikan pemeriksaan kesehatan gratis. Misalnya pemeriksaan asam urat, gula darah dan kolesterol. Bahkan, bagi mereka yang dapat menunjukan kartu JKN, kita berikan hadiah langsung seperti mug, pulpen, minuman dan lainnya,” papar Endang.

Endang mengatakan, mobile JKN memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan pelayanan bagi peserta. Terutama kemudahan untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan. Melalui aplikasi itu, peserta cukup menunjukan aplikasi dan kartu JKN digitalnya kepada petugas di rumah sakit.

“Peserta tidak perlu lagi repot membawa kartu, cukup tunjukan aplikasi dan kartu elektroniknya maka sudah bisa dilayani oleh petugas medis. Peserta yang ingin merubah alamat dan biodata juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini,” ujarnya.

Tak hanya menyampaikan informasi seputar aplikasi mobile JKN, Endang menambahkan, pihaknya juga menjelaskan mekanisme dan aturan pendaftaran peserta program BPJS mandiri maupun peserta bukan penerima upah. Salah satu syarat  wajibnya, peserta mesti open debet.

“Peserta harus punya rekening tabungan yang sudah terkoneksi dengan program BPJS Kesehatan. Seperti BRI, Mandiri, BNI dan BCA. Kita sarankan peserta untuk menabung dan tiap bulan akan open debet. Peserta tidak perlu khawatir, yang penting uangnya ada di rekening maka setiap tanggal 10 otomatis langsung dilakukan debet untuk pembayaran iuran BPJS,” ujarnya.

Salah seorang pengunjung Mempawah Expo, Bayu mengaku mendapatkan beragam informasi penting saat mengunjungi stand BPJS Kesehatan Kabupaten Mempawah. Dirinya pun tertarik untuk menggunakan aplikasi mobile JKN lantaran berbagai kemudahan pelayanan yang didapat peserta melalui aplikasi tersebut.

“Aplikasi mobile JKN ini sangat penting dan strategis untuk memberikan kemudahan pelayanan. Kalau dulu kita harus persiapkan kartu dan lainnya, sekarang semua sudah tersave di android hingga semakin mudah. Aplikasinya juga tidak sulit digunakan. Ini sangat baik sekali dan kami sangat terbantu,” tukasnya. (wah)

Read Previous

Berperan Bangun Landak

Read Next

Gabus Gurih Kaya Khasiat

Tinggalkan Balasan

Most Popular