Momentum Awal Merebut Kemenangan, Ermin Elviani Resmi Nakhodai Demokrat Kalbar

DILANTIK: Ermin Elviani saat dilantik sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Barat periode 2021-2026, Rabu (24/11). MEIDY KHADAFI/PONTIANAKPOST

PONTIANAK – Ermin Elviani resmi dilantik sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Barat periode 2021-2026. Kader DPD Partai Demokrat Kalbar tersebut dilantik langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara virtual. Pelantikan pengurus dilakukan di Hotel Golden Tulip, Rabu (24/11).

AHY langsung mengucapkan selamat kepada pengurus DPD Demokrat Kalbar dan DPD Sulawesi Tenggara yang juga ikut dilantik. Dia berharap seluruh kader dapat kembali solid dan fokus membangun partai menyongsong Pemilu 2024 mendatang.

“Musda sudah selesai dan pelantikan sudah dilaksanakan. Mari kita bersatu padu  mengembalikan kejayaan Partai Demokrat,” ajak AHY. Ia berharap, usai pelantikan seluruh pengurus dapat benar-benar mempersiapkan diri menghadapi Pilkada 2024 dengan terus berkoalisi dengan rakyat dalam kondisi jatuh bangun.

“Mudah-mudahan pada akhirnya masyarakat merasakan kebersamaan itu dan memberikan simpati dan dukungan kepada Partai Demokrat,” kata dia. Jansen Sitindaon, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat menyampaikan Ermin Elviani, adalah Ketua DPD Demoktrat perempuan kedua di Partai Demokrat, untuk tingkat provinsi.

Sebelumnya DPD Demokrat Provinsi Banten juga dinakhodai perempuan yakni Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya. “Di Banten dipimpin perempuan juga. Partai Demokrat sangat mengakomodir jenjang karir para srikandi berbakat. Bukan hal mustahil ke depan bakalan banyak srikandi lainnya memimpin Demokrat tingkat provinsi di seluruh Indonesia,” ujar Jansen.

Dia pun mengajak seluruh perempuan di Kalbar agar tidak ragu untuk bergabung dalam jajaran kepengurusan Partai Demokrat Kalbar dan kabupaten/kota. “Kami DPP mengucapkan selamat kepada Ermin Elviani sebagai Ketua DPD Demokrat Kalbar. Ibu Evi (sapaan akrabnya), sebagai ketua baru hendaknya memiliki semangat dan energi baru untuk membesarkan partai di seluruh Kalbar,” kata dia.

Jansen hanya berpesan agar Ermin memperbaiki susunan kepengurusan dari provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan hingga desa dan tingkat RT/RW agar menjadi lebih sehat untuk menghadapi agenda politik ke depan. “Pertarungan politik 2024 sudah menunggu di depan mata,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Demokrat Kalbar, Ermin Elviani memastikan bersama jajaran DPD, akan bekerja keras menjawab harapan dari DPP dan masyarakat Kalbar. Sedari awal dia sudah bertekad menjadikan pelantikan ini bukan seremonial belaka. Pelantikan dinilai lebih ke arah momentum awal untuk merebut kemenangan, menjalankan mesin politik, dan yang terpenting menjawab harapan rakyat.

“Sebab, harapan rakyat adalah perjuangan Demokrat Kalbar. Kami yakin selama kita berjalan di jalan yang benar, perjuangan akan diridhai Allah SWT. Di atas kertas, Pemilu 2024 memang tiga tahun lagi. Namun di lapangan gelanggang itu sudah dibuka,” kata dia.

Baginya, wajah Partai Demokrat Kalbar adalah seluruh kader yang punya hak menyukseskan target politik. Ketum AHY menjadi suri tauladan seluruh kader di Kalbar. Sejak dipimpin AHY Demokrat Kalbar juga mengalami peningkatan. Apalagi sejak dicanangkan bahwa Demokrat berkoalisi dengan rakyat. “Kami tidak ingin mengecewakan. Pencapaian ini akan kami tingkatkan d daerah agar tren peningkatan elektabilitas dapat tercermin di Kalbar.
Harus ada sinergi semua pihak,” pesannya.

Bersorak Sambut Putusan PTUN Jakarta

Sementara itu, kalangan Partai Demokrat di Kalbar bersorak menyambut putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang akhirnya menolak permohonan gugatan yang diajukan Moeldoko dan Jhonny Allen Marbun kepada Kemenkumham RI. Penolakan tersebut tertuang dalam laman resmi di Mahkamah Agung (MA) dengan nomor perkara 150/G/2021/PTUN-JKT pada Selasa (23/11).

Jansen Sitindaon, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat menyebutkan kebetulan dirinya diminta menjadi salah satu saksi di PTUN Jakarta. “Di bawah sumpah, saya diminta penjelasan aleh majelis hakim PTUN. Saya beberkan fakta-fakta Demokrat AHY yang legal dan konstitusional,” ujarnya.

Nah, keputusan Majelis Hakim PTUN di Jakarta dinilai sudah tepat karena berdasarkan fakta-fakta tersaji dalam persidangan. Keputusan Kemenkum HAM sebelumnya juga sangat tepat dan dikuatkan kembali dengan putusan PTUN di Jakarta bahwa KLB Deli Serdang di Sumut adalah inskonsitusional, ilegal bahkan abal-abal sekali.

Tidak mungkin, lanjutnya, KLB Konggres Partai Demokrat tahun 2020 dihadiri seluruh DPD dan DPC seluruh Indonesia yang memilih Ketum AHY ilegal. Makantya apa diputuskan majelis hakim PTUN berdasarkan fakta, pertimbangan hukum dan keadilan sebenar-benarnya.

Jansen meminta kader-kader Partai Demokrat di Kalbar dan seluruh Indonesia tidak perlu merayakan secara berlebihan. Karena apapun yang menjadi hak tetaplah hak. Pun demikian, yang batil akanlah tetap menjadi batil.

“Tidak ada cerita yang benar disalahkan. Ibaratnya bukan kader partai, tiba-tiba menjadi ketum partai. Ibaratnya tidak pernah kuliah di kampus tetapi mau menjadi ketum alumni. Bagaimana bisa begitu,” ucapnya. “Yang namanya begal, di mana pun akan selalu kalah,” sambung Jansen.

Dia mempersilakan media menghitung sudah berapa kali KLB kubu Moeldoko kalah dengan akrobat politik mengajukan tuntutan hukum. Hal ini karena kubu AHY tetap bicara kebenaran, fakta dan bukti-bukti konkret. “Dari MenkumHAM, MA bahkan hakim PTUN, semua sudah menguji. Beberapa kali juga diuji dalam pengadilan. Tidak terbukti kan. Kita tetaplah sebagai kepengurusan yang sah,” ucapnya.

Ermin Elviani yang dilantik sebagai Ketua DPD Demokrat Kalbar menyebutkan bahwa keputusan majelis hakim sudah tepat secara hukum. Partai Demokrat di Kalbar bersyukur dan mengapresiasi Majelis Hakim PTUN yang telah menunjukkan integritas, bersikap objektif dan adil dengan menolak gugatan kubu sebelah. “Putusan Majelis Hakim sudah tepat secara hukum dan diambil dengan pertimbangan yang teliti, mendalam, dan menyeluruh,” ujarnya.(den)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!