Monitor Penyelenggaraan Pilkada Sintang

SINTANG-Anggota DPR RI sekaligus mantan Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis melakukan kunjungan kerja dalam rangka reses di Sintang. Ia menghimbau agar seluruh elemen masyarakat untuk kompak dan bekerja keras mensukseskan seluruh tahapan Pilkada Sintang.

Seperti yang disampaikan Cornelis, tujuannya ke Sintang ialah untuk memonitor tahapan Pilkada dan penertiban protokol kesehatan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19. “Saya minta Pemkab Sintang, KPU, Bawaslu dan Forkopimda agar kompak mensukseskan seluruh tahapan Pilkada ini,” katanya.

Ia juga ingin memastikan bahwa Kabupaten Sintang sudah siap melaksanakan Pilkada sesuai PKPU nomor 13 Tahun 2020 dengan mengedepankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

“Seluruh penyelenggaraan Pilkada harus mengutamakan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Oleh karena itu saya mengecek persiapan yang yang dilakukan oleh pemerintah, TNI-Polri, KPU dan Bawaslu, termasuk kesiapan paslon, apakah mereka kampanye sesuai prosedur atau tidak,” tambahnya.

Sedangkan, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang Florentinus Anum menyampaikan kondisi persiapan menjelang Pilkada dan penanganan Covid-19.

“Sintang saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Dan setiap kampanye, satgas Covid-19 selalu memantau. Kami selalu mengingatkan tim sukses agar melaksanakan kampanye dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Terkait pencegahan Covid-19 saat Pilkada, Anum mengatakan akan melakukan rapid test kepada sekitar 13 ribu petugas TPS yang ada di Kabupaten Sintang menjelang hari pencoblosan. Hal ini akan lakukan secara bertahap, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

“Kami ingin memastikan, seluruh petugas Pilkada harus dalam keadaan sehat. Serta dan corona pada waktu pencoblosan,” ucapnya.

Klaster  penyebaran Covid-19 selama ini, tambah Anum, berasal dari luar. Kasus konfirmasi agak meningkat karena  memang gencar melakukan pemeriksaan swab.

“Tetapi kita harus melakukan persiapan. Kami bersama Forkopimda sangat kompak dalam menghadapi persoalan ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Sintang, Imran juga menanggapi pesan anggota Komisi II DPR RI tersebut. “Ia mengaku sudah melaksanakan sinergisitas dan menjalankan tugas seperti dalam hal Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu.

“Itu semua sudah berjalan. Tim kejaksaan sudah ditempatkan untuk mengawal Pilkada ini,” katanya. (ris)

 

error: Content is protected !!