MTQ 2020, Prestasi Ketapang Diharapkan Meningkat

PENGUKUHAN: Sekda Ketapang Farhan saat mengukuhkan kepengurusan LPTQ Kabupaten Ketapang periode 2018 – 2023, Minggu (15/9). HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Pengurus LPTQ Ketapang Periode 2018-2023 Dikukuhkan

KETAPANG – Semoga prestasi MTQ kafilah Kabupaten Ketapang pada penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sekadau tahun 2020 lebih meningkat lagi. Harapan tersebut disampaikan Bupati Ketapang melalui Sekretaris Daerah (Sekda), H.Farhan, SE, M.Si, saat mengukuhkan kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Ketapang periode 2018 – 2023, Minggu (15/9). Pengukuhan pengurus LPTQ Ketapang tersebut dilaksanakan sekaligus dirangkai dengan Pembukaan Rapat Kerja LPTQ Ketapang di Masjid Agung Al Ikhlas Ketapang hingga kemarin (16/9).

Dalam arahannya, Sekda mengucapkan selamat datang kepada para peserta Rakerda LPTQ Kabupaten Ketapang, yang berasal dari pengurus LPTQ Kecamatan se-Kabupaten Ketapang. Sekda berharap kegiatan tersebut dapat diikuti sampai selesai dalam upaya memperkuat organisasi  LPTQ Kabupaten Ketapang.

“Rapat Kerja Daerah LPTQ Ketapang merupakan momentum yang strategis untuk mengevaluasi secara keseluruhan posisi organisasi, dengan memperhatikan keberhasilan dan kekurangan dalam pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan pengurus LPTQ Kabupaten Ketapang selama ini,” tegas Sekda.

Ia berharap melalui Rakerda, organisasi  LPTQ dapat melakukan penataan dan merumuskan langkah strategis. Mereka juga diharapkan dia, dapat membuat program kerja yang dapat dilakukan dalam upaya memperkuat dinamika organisasi. “Untuk mewujudkan harapan itu, hendaknya LPTQ Kabupaten Ketapang Ketapang tidak hanya sekadar memperkuat dan melestarikan apa yang telah dicapai,” pesan Sekda.

LPTQ diharapkan dia mampu melahirkan gagasan baru dan langkah-langkah, untuk pembinaan dan memajukan dalam berbagai aspek yang terkait dengan pelaksanaan MTQ. Seperti, dimisalkan dia, pada metode penilaian, kaderisasi, dan pembinaan LPTQ kecamatan. Ia mengharapkan agar MTQ yang akan dilaksanakan nanti dapat berjalan efektif. Dia juga berpesan agar hendaknya pengurus LPTQ Kabupaten Ketapang menggunakan aplikasi khusus berbasis online, yang diberi nama e-MTQ. Bahwa e-MTQ, dijelaskan dia, adalah aplikasi yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan dengan mengoptimalisasikan media informatika dan teknologi (IT). “Dengan demikian diharapkan pelaksanaan MTQ dapat berjalan secara efektif, transparan, dan bersih, sebagaimana cita-cita dan komitmen kita bersama,” katanya.

Ia juga mengajak para pengurus LPTQ Kabupaten Ketapang melakukan pemetaan dan kerja sama dengan pengurus Pondok Pesantren, Lembaga Pendidikan Islam, dan Pondok Tahfiz. Hal ini, menurut dia, mesti dilakukan sebagai upaya mencari qari dan qariah berbakat dan penghafal Alquran,  yang diharapkan dapat bersaing pada pelaksanaan MTQ  pada masa yang akan datang. “Terutama dalam menghadapi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten Ketapang,” timpal dia.

Sekda berharap agar pelaksanaan MTQ dijadikan momentum strategis untuk mempererat ukhwah Islamiyah. Selain itu, momentum peristiwa tersebut juga diharapkan dia, mampu memacu agar lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan isi kandungan Alquran sebagai pedoman hidup. Untuk itu dia berpesan agar dalam pelaksanaan MTQ nanti, tetap menjaga nilai-nilai keislaman dan tidak menodai penyelenggaraannya. “Jangan sampai pelaksanaan MTQ nantinya menyimpang dari tujuan utama pelaksanaan MTQ. Yaitu, untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan umat Islam terhadap akan pentingnya Alquran,” pesan Sekda.

Sekda berharap agar MTQ dijadikan sarana untuk mewujudkan masyarakat yang lebih baik, bertakwa, dan berakhlak mulia. Dia juga berharap agar momentum MTQ ini dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk syiar Islam. Melalui momentum ini dia juga berpesan umat Islam untuk mempelajari serta mengamalkan Alquran di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus LPTQ Kabupaten Ketapang yang telah berupaya melaksanakan program kerja, untuk meningkatkan prestasi peserta MTQ, dengan melakukan pembinaan secara berjenjang dan berkelanjutatan,” pungkas Sekda.

Sebelumnya, H. Arief Sunawan, ketua Penyelenggara Rapat Kerja LPTQ Ketapang, menjelaskan bahwa kegiatan rapat kerja tersebut dihadiri Pengurus LPTQ Kabupaten Ketapang dan pengurus LPTQ kecamatan se-Ketapang. Selain mengikat silaturahmi, salah satu tujuan dilaksanakan rapat kerja, dijelaskan dia, adalah menyusun program kerja, termasuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Begitu juga prestasi serta persiapan kafilah untuk menghadapi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Ketapang yang, diungkapkan dia, direncanakan pada Oktober 2019. Dikatakan dia bahwa MTQ Tingkat Kabupaten Ketapang akan menjadi tolak ukur untuk persiapan MTQ tingkat Kalimantan Barat, yang direncanakan dilaksanakan di Sekadau pada 2020. (PK)