Mulai Agustus, Masuk Pantai Pulau Datok Harus dengan Tiket

SUKADANA – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kayong Utara, Tasfirani mengungkapkan, penarikan tiket masuk ke lokasi wisata Pantai Pulau Datok, Sukadana, dimulai hari ini (1/8) serta besok (2/8). Pengunjung dan pedagang diwajibkan dia untuk menerapakan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker.

“Destinasi wisata Pulau Datok dibuka dan ditarik tiket tanggal 1 dan 2 Agustus. Semua petugas, pedagang, dan pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan,” terang Tasfirani kepada Pontianak Post, Jumat (31/7) di Sukadana.

Tasfirani menjelaskan, untuk harga tiket mengalami perubahan. Sebab, dalam penarikan retrebusi di lokasi wisata tersebut mereka melibatkan Forum Komunikasi Pemuda Tanah Merah.

“Perlu saya informasikan harga tiket 5 ribu (rupiah), tiket hiburan yang dikelola oleh Forum Komunikasi Pemuda Tanah Merah ada perubahan setelah dikaji ulang. Tiket 5 ribu di luar parkir, kewajiban forum adalah membayar pajak hiburan 15 persen dari pendapatan,” jelas Tasfirani.

Pada libur Iduladha tahun ini, ia menerangkan bahwa lokasi wisata milik Pemda yang ditarik retrebusi hanya berada di Pantai Pulau Datok. “Yang ditarik tiket hanya pantai di Pantai Pulau Datok,” singkatanya.

Sementara, di lokasi wisata andalan tersebut, semua petugas dan pedagang diwajibkan dia menggunakan masker,  menyiapkan air cuci tangan, serta sabun. Bahkan, ia menegaskan bahwa pengunjung yang diperbolehkan masuk hanya yang menggunakan masker dan suhu tubuh di bawah 37, 3 derajat celsius.

“Pengunjung yang pakai masker dibolehkan masuk. Tim Pengamanan dan Pengendalian Covid-19 dari gugus tugas akan diturunkan untuk melakukan pengamanan dan pengendalian agar protokol kesehatan bisa berjalan,” terangnya lagi.

Tasfirani menjelaskan, untuk Tim Gugus Tugas yang akan terus melakulan patroli dan pengecekan di lokasi wisata tersebut melibatkan Satpol PP, TNI, Polri, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Priwisata, dan Dinas Perhubungan. (dan)

loading...