Muspika Perbatasan Jaga Ketat Akses Negara

PUTUSSIBAU – Antisipasi terhadap penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah perbatasan RI – Malaysia di Kabupaten Kapuas Hulu, terus dilakukan unsur Muspika bersama masyarakat setempat.

Hal ini dikemukakan Adenan, kepala Kecamatan (Camat) Badau ketika menghadiri Rakor Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan terhadap Penyebaran Covid – 19 di Putussibau, Kamis (19/3) kemarin.

Adenan menyebutkan, khusus di wilayah Kecamatan Badau, mereka sudah membuat beberapa kesepakatan dengan kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, dan unsur masyarakat lainnya dalam pencegahan penyebaran virus Corona.

“Jadi kesepakatan kita kemarin itu untuk sementara masyarakat Badau yang melakukan pelintasan ke Malaysia saat ini kita kurangi dahulu. Kecuali untuk hal-hal yang sifatnya urgent,” ungkap Camat.

Dikatakan Adenan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait virus corona kepada masyarakat. Kemudian ia berharap ketika akses PLBN Badau resmi ditutup, Pemerintah Daerah harus menjaga kestabilan dan ketersediaan harga sembako di wilayah perbatasan. Selain itu, dalam kesepakatan tersebut, ia juga berharap agar kepolisian bertindak tegas terhadap masyarakatnya, jika membuat dan menyebarkan berita hoaks terkait virus corona.

“Bukan itu saja, kita juga ingin Puskesmas Badau harus banyak membuat baner dan pamflet sebagai bentuk sosialisasi mereka,” kata dia.

Dirinya juga tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat Kecamatan Badau, agar tidak terlalu khawatir dengan virus corona ini, namun tetap waspada dengan menjaga kesehatan.

“Namun jika ada masyarakat Badau yang ter-susfect corona dan diisolasi ke rumah sakit rujukan, masyarakat tak perlu khawatir dengan biaya, karena Pemerintah Daerah siap menanggungnya,” tuntasnya.

Ditambahkan Camat Puring Kencana, Agustinus Sargito, bahwa wilayahnya juga berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Dia berharap agar kawasan yang dipimpinnya itu tidak lepas dari perhatian bersama, terutama tim gugus tugas pencegahan Covid-19 yang sudah dibentuk.(dRe)

Read Previous

Penanganan Covid-19, Sterilkan Kota dengan Disinfektan

Read Next

Nak Ngopi? Bungkus Jak!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *