Natal Gabungan KKG Digelar di Alam Terbuka

NATAL: Perayaan Natal Bersama 2019 CUKK yang berlangsung di Goa Maria dan Monumen Pastor Pasionis di Tapang Sambas, Sabtu (4/1). IST

SEKADAU—Natal gabungan Keling Kumang yang telah berlangsung belasan tahun selalu diselenggarakan di Aula Kantor Pusat Credit Union Keling Kumang (CUKK). Namun untuk perayaan Natal tahun 2019 kali ini, berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Perayaan Natal bersama dilaksanakan di alam terbuka, tepatnya di Goa Maria dan Monumen Pastor Pasionis di Tapang Sambas, Sabtu (4/1).

Tempat tersebut bersebelahan dengan areal Keling Kumang Square dan rencana Keling Kumang Museum milik Yayasan Pusat Pemberdayaan Sumberdaya Ibanik (YPPSI. Dalam perayaan tersebut, ibadat ekaristi dipimpin Pastor Wawan yang berlangsung selama dua jam dan dilanjutkan dengan berbagai acara lain hingga menjelang sore.

Ketua Panitia Perayaan Hendrikus Mangku mengatakan, perayaan tersebut diikuti 777 orang aktivis yang melakukan registrasi. “Sebagian lagi tidak sempat registrasi, karena kegiatan Ibadat Ekaristi keburu dimulai,” katanya.

Menurut Chief Executive Officer CUKK, Valentinus, diperkirakan jumlah seluruhnya mencapai 900-an, karena jumlah aktivis CUKK saja lebih dari 600 orang ditambah para aktivis dari enam unit usaha lainnya. Juga kehadiran jajaran pengurus dan pengawas, serta para mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang tengah melaksanakan KKN di Keling Kumang.

Managing Director KKG Hilarius Gimawan mengajak para aktivis untuk refleksi dan evaluasi. “Apakah di tahun 2019 lalu kita telah banyak berbuat baik atau sebaliknya. Juga dalam kegiatan sebagai aktivis, kita sudah cukup baik atau belum,” ujarnya. “Di tahun 2020 ini kita juga akan membuat resolusi-resolusi baru. Saya mengetahui, bahwa sejumlah unit telah membuat business plant untuk tahun 2020 ini,” tambah Hilarius.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pengurus KKG, Mikael, mengatakan bahwa dalam memasuki tahun 2020 ini pasti ada banyak hal yang kita pertanyakan. Apakah tahun 2020 ini akan memberikan berkat dan rahmat. Apakah tahun 2020 ini semakin memberikan semangat kepada kita dan keluarga.

“Namun kita percaya, bahwa apapun yang kita kerjakan dan upayakan di tahun ini, adalah berkat dari tahun 2019. Pekerjaan di tahun 2019 merupakan fondasi untuk kita melanjutkan karya di tahun 2020,” ujarnya.

Sementara itu, Pendiri dan Penasehat Keling Kumang, Munaldus, dalam sambutannya fokus kepada riwayat dan presentasi rencana yang akan diperbuat terhadap areal hutan Keling Kumang dan sekitarnya. Diketahui bahwa acara ini digelar di areal Goa Maria dan Monumen Pastor Pasionis. Areal ini oleh YPPSI telah diserahkan kepada Paroki Munumental. Disebelahnya ada areal Keling Kumang Square dan Keling Kumang Museum. Munaldus juga berbicara panjang lebar tentang progres Taman Klempiau.

Dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Bupati Sekadau Afronius Akim, atas nama Pemerintah Kabupaten Sekadau memberikan apresiasi kepada KKG atas apa yang telah diperbuat oleh Keling Kumang. Menurutnya KKG telah turut berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Sekadau dengan ide-ide cemerlang. Cikal bakalnya adalah hanya Credit Union, sekarang telah mengembangkan sayap  beberapa unit usaha termasuk YPPSI.

“Tidak mungkin Pemerintah Kabupaten Sekadau dengan dana yang ada, mampu berbuat sebanyak seperti yang telah dilakukan oleh KKG.Yang dengan ide-ide cemerlangnya telah mengelola areal ini menjadi sejumlah destinasi wisata alam. Ini akan menimbulkan multiplayer effect yang baik bagi perekonomian warga setempat,” kata Afronius.

Ada sebuah kejutan dalam acara ini, yaitu kehadiran Anggota DPR RI Adrianus Asia Sidot dipenghujung acara. Anggota Komisi X DPR RI yang didampingi oleh Direktur Yayasan Pendidikan Keling Kumang, Adilbertus. AS ini, seusai dirinya meninjau lokasi untuk kampus Institut Teknologi Keling Kumang di Sekadau. Kegiatan ini juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes Rumpak. (ser)

loading...