Ngantuk, Pikap Bermuatan Kelapa Terbalik

TUNGGAL : Pikap mengalami laka tunggal saat melintasi Jalan Sekadau-Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, pada Sabtu (4/7) pagi. Lakalantas ini akibat sopir ngantuk.   ISTIMEWA

SEKADAU– Kecelakaan Lalu Lintas (laka lantas) tunggal kembali terjadi di wilayah Sekadau. Setelah sebelumnya diketahui sebuah satu unit mobil jenis dump truk bermuatan gas elpiji tiga kilogram tercebur ke Sungai di kawasan Desa Peniti. Kemarin, laka tunggal kembali terjadi terhadap satu unit mobil jenis pick up yang membawa muatan kelapa, di Jalan Sekadau-Sanggau atau tepatnya di sekitar Simpang Semaong, desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.

Saat dikonfirmasi, Kasat Lantas Polres Sekadau, AKP Laelan Sukur menjelaskan bahwa laka tunggal tersebut terjadi pada Sabtu (4/7) sekitar pukul 07.40 WIB. Dimana saat kejadian, cuaca di Sekadau sedang dalam keadaan diguyur hujan dengan intensitas deras.

“Mobil tersebut dibawa oleh seorang pria dengan identitas bernama Hendri, yang saat kejadian tengah membawa muatan berisikan kelapa di bak mobil bagian belakang,” ujar Laelan saat dikonfirmasi, Minggu (5/7).

Sementara dari keterangan pengemudi kendaraan, Laelan menjelaskan bahwa pengemudi  hendak membawa muatan kelapa tersebut dari Sanggau menuju Sekadau. Pengemudi, kata Laelan, kehilangan konsentrasi dikarenakan dalam keadaan mengantuk saat mengendarai mobil jenis pick up dengan ciri-ciri berwarna putih dan bernomor polisi KB 8478 RR tersebut.

“Saat melintas di Jalan Sekadau-Sanggau atau tepatnya di Simpang Semaong, mobil yang dikendarai oleh Hendri tersebut mengalami slip ban bagian depan sebelum akhirnya tergelincir hingga terbalik,” jelas Laelan.

Laelan melanjutkan, pengemudi sendiri berhasil dievakuasi oleh bantuan masyarakat di sekitar TKP. Kemudian, masyarakat yang mengetahui kejadian tersebut langsung menghubungi unit Sat Lantas Polres Sekadau untuk dilakukan tindak lanjut terhadap laka tunggal tersebut.

“Begitu dapat laporan kita langsung bergerak menuju TKP. Syukurnya, pengemudi kendaraan yang terbalik tersebut dalam keadaan selamat dan tidak mengalami luka setelah kejadian yang menimpanya tersebut,” lanjutnya.

“Sesampainya di TKP, selain memastikan kondisi korban petugas juga melakukan upaya evakuasi terhadap kendaraan yang terbalik tersebut dengan bantuan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Terkait kejadian tersebut, Laelan berpesan kepada seluruh pengendara untuk berhati-hati dalam berkendara. Ia pun mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak berkendara apabila dalam keadaan mengantuk atau lelah. Hal ini, kata dia, penting untuk diperhatikan guna menghindari terjadinya laka lantas.

“Dari kejadian ini, kita harap semua pengemudi atau sopir beristirahat dulu jika merasa lelah atau mengantuk, terlebih apabila cuaca sedang buruk. Jangan dipaksakan, terlebih sampai membahayakan diri sendiri atau pengendara lain yang dapat berakibat fatal,” pesannya. (Sig)

loading...