Norsan: Tantangan Mempawah Semakin Berat

TERIMA: Mantan Bupati Mempawah, Ria Norsan saat menerima potongan kue dari Bupati Mempawah, Erlina. WAHYU/PONTIANAKPOST

MEMPAWAH – Mantan Bupati Mempawah, Ria Norsan menghadiri acara syukuran perayaan HUT ke-61 pemindahan Ibukota Kabupaten Mempawah ke Mempawah tahun 2020, Senin (6/7) pagi di Aula Kantor Bupati Mempawah. Norsan mengaku terkesan dengan kemajuan daerah itu yang terbilang pesat selepas peninggalannya.

“Saya sangat terkesan dengan Kabupaten Mempawah. Sejak sepeninggalan jabatan saya pada tahun 2019, Mempawah sudah lebih baik. Kalau dulu, Mempawah tidak terlalu terang tapi sekarang sudah terang. Mudah-mudahan penataan kota dan ASN bisa lebih maksimal,” harap Ria di hadapan bupati, wakil bupati, Forkopimda serta pejabat OPD Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Norsan yang kini menjabat Wakil Gubernur Kalbar itu mendoakan agar Kabupaten Mempawah semakin maju dan berkembang. Melalui momentum HUT ke-61 ini, dirinya optimis Kabupaten Mempawah akan terus terpacu untuk membangun daerah melalui konsep yang tepat dan terukur.

“Tantangan untuk Kabupaten Mempawah akan semakin berat dimasa mendatang. Sebab, realisasi Pelabuhan Terminal Kijing akan menjadi magnet untuk masyarakat dari daerah luar untuk datang dan berinvestasi di Kabupaten Mempawah,” pendapatnya.

Karena itu, Mantan Bupati Mempawah dua periode ini berpesan agar Pemerintah Kabupaten Mempawah dapat mempersiapkan diri secara maksimal. Termasuk menyiapkan SDM yang bermutu dan berkualitas agar tidak tertinggal dibandingkan masyarakat dari luar yang akan datang mengadu nasib ke Mempawah.

“Dulunya kita sedih sangat sedih dengan Kota Mempawah. Bahkan, orang di Kalbar sendiri mengatakan kalau Mempawah itu hanya tempat lalu lintas dan numpang buang air kecil. Tapi sekarang, Mempawah sudah menjadi kota tujuan dan kujungan masyarakat,” tuturnya.

Norsan mengingat perjuangannya merubah wajah Kabupaten Mempawah. Dirinya bekerja keras merubah pandangan negatif masyarakat luar terhadap Mempawah yang dianggap hanya daerah lalu lintas dan buang air kecil.

“Salah satunya dengan membangun pusat kuliner di Terminal Mempawah. Walau skalanya kecil yang penting tetap bisa menghasilkan dan menjadi tujuan masyarakat Kalbar. Sekarang, orang-orang singgah ke Mempawah bukan lagi untuk buang air kecil, melainakn menikmati aneka kuliner di Terminal Mempawah,” tegasnya bangga.

Norsan berharap segala potensi yang ada di Kabupaten Mempawah dapat lebih dioptimalkan dan dikembangkan. Sehingga, daerah Kabupaten Mempawah akan semakin maju dan berkembang dengan segala kemampuan yang ada.

“Segala kemajuan itu tidak lepas dari dukungan dan peran serta seluruh elemen masyarakat. Mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh stakeholder. Maka, saya berpesan pererat persatuan dan kesatuan serta saling hormat menghormati. Insha Allah, jika semua ini bisa kita aplikasikan maka Mempawah akan semakin maju,” pendapatnya.

“Selamat merayakan HUT ke-61 Kabupaten Mempawah. Mudah-mudahan semakin baik, maju dan berkembang serta masyarakat semakin cerdas dan makmur,” tukanya mendoakan.(wah)

loading...