Nurhadi Resmi Penjabat Sekda Sekadau

PENGAMBILAN SUMPAH: Bupati Sekadau, Rupinus melakukan pengambilan sumpah jabatan terhadap Penjabat Sekretaris Daerah Sekadau Nurhadi di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, kemarin (1/7). SIGIT ADRIYANTO/PONTIANAK POST

SEKADAU – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sekadau secara resmi berganti. Hal tersebut dipastikan usai Bupati Sekadau, Rupinus melantik Penjabat (PJ) Sekda Nurhadi guna menggantikan Zakaria yang sudah memasuki masa purna tugas. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, kemarin (1/7).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengungkapkan bahwa pelantikan ini mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tentang penjabat sekretaris Daerah surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 800/3223/OTDA, tanggal 23 Juni 2020. Yang mana, sambungnya, isi dari peraturan tersebut mengarah pada perihal penjelasan terhadap Pelaksanaan Pelantikan Penjabat Sekda Kabupaten Sekadau, Surat Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau Nomor 007/kb-12/SET/HK. 04. 01/VI2020, tanggal 15 Juni 2020 tentang Pendapat Hukum, serta Surat Gubernur Kalimantan Barat No 809/bkd-b tanggal 22 April 2020 perihal Persetujuan Penunjukan Penjabat Sekda Kabupaten Sekadau.

“Sebagaimana kita maklumi bersama bahwa faktor-faktor penilaian dari pada Pemilihan Penjabat Sekretaris Daerah adalah terdiri dari ketentuan syarat jabatan, penilaian prestasi kerja, rekam jejak jabatan, integritas, serta moralitas yang baik,” terangnya. “Selain itu, perlu kita ketahui bersama bahwa Penjabat Sekda memiliki kewenangan yang sama seperti pejabat definitif. Penjabat Sekda melaksanakan tugas paling lama 3 bulan sembari menunggu Sekretaris Daerah definitif yangakan dilakukan dalam proses Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau, Bupati mengucapkan selamat kepada Nurhadi yang telah dilantik sebagai Pj Sekda Kabupaten Sekadau. Tak lupa, ia juga turut berterima kasih kepada Zakaria yang selama menjabat sebagai Sekda, terus memberikan dedikasi untuk Bumi Lawang Kuari hingga akhir masa tugas.

“Semoga jasa-jasanya (Zakaria) selama meniti karir di lingkungan Pemkab Sekadau dicatat sebagai ladang amal. Dan kepada Beliau juga saya mengucapkan selamat memasuki masa purna tugas. Semoga diberi kesehatan dan selalu bahagia bersama keluarga tercinta,” kata Rupinus.

Kepada Pj Sekda yang baru dilantik, Rupinus mengingatkan yang bersangkutan mempunyai tugas strategis. Salah satunya, sebut dia adalah membantu kepala daerah menyusun dan pengoordinasian administrasi pelaksanaan tugas perangkat daerah.

“Oleh karena itu, dalam perannya Penjabat Sekda juga bisa disebut juga sebagai tangan kanan Bupati dan Wakil Bupati, terutama untuk menggerakkan mesin birokrasi dan menjalankan visi dan misi kepala daerah,” jelasnya. “Untuk itu diharapkan kepada Saudara agar segera membangun komunikasi dan koordinasi yang kuat dengan seluruh perangkat daerah dan stakeholders lainnya,” timpalnya.

Di sisi lain, orang nomor wahid di Bumi Lawang Kuari tersebut juga berpesan kepada Pj Sekda bahwa tugas nyata ke depan yakni mempersiapkan dan melaksanakan proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama sebagai Sekda definitif.

“Terlebih dalam situasi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini diharapkan kepada Saudara untuk segera komunikasi serta berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau. Ini salah satu yang harus dikedepankan, agar tugas-tugas tim dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 ini dapat berjalan sebagaimana mestinya,” pesan Bupati. (Sig)

loading...