Nurul Oktaviani, Duta GenRe Putri Kalimantan Barat, Semangat GenRe Semangat Jiwa Enterpreneur

PONTIANAK – Nurul Oktaviani, remaja putri dari Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, berhasil keluar menjadi Juara 1 pada ajang pemilihan Duta GenRe Kalimantan Barat Tahun 2020, yang diselenggarakan pada tanggal 5 November 2020 di Ballroom Anggrek hotel Ibis, Kota Pontianak.

Menjadi Juara 1 Duta GenRe Putri Kalimantan Barat 2020 Nurul sapaan akrabnya, berhak mewakili Kalimantan Barat dalam ajang Pemilihan Duta GenRe Indonesia Tahun 2020 yang akan dilaksanakan secara virtual dari tanggal 23 November – 3 Desember Tahun 2020.

Mengusung Tagline “Semangat GenRe, Semangat Jiwa Enterpreneur” Nurul yakin dapat Bersaing di tingkat Nasional bersama 33 Provinsi lainnya. Melalui program ini, Nurul mengajak sesama remaja untuk belajar memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya seperti biji karet untuk diolah menjadi kerupuk biji karet dan manisan biji karet. Melalui program BESKEM atau Basic Skill Remaja, Nurul memberikan pelatihan berwirausaha kepada teman-teman sesama remaja serta mampu memasarkan dan meningkatkan nilai ekonomis dari biji karet yang telah diolah tersebut.

“Karena menurut saya sebagai remaja kita punya peluang untuk memberikan kontribusi melalui pengembangan vocational skill dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita, yaitu biji karet. Melalui program ini saya berharap teman-teman remaja, terutama anggota PIK Remaja untuk dapat mandiri dan menunjukan eksistensinya serta menumbuhkan jiwa entrepreneur remaja,” ungkap Nurul, ketika ditanya alasannya mengusung program ini.

Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2018, namun belum begitu aktif dilaksanakan dan hanya sebagai bentuk mengisi kegiatan PIK Remaja, namun sejak bulan Juli Tahun 2020, program ini aktif dan rutin dilaksanakan oleh Nurul yang saat itu terpilih sebagai Duta GenRe Kabupaten Melawi, bersama teman-teman anggota PIK Remaja Dirgantara, SMAN 1 Pinoh Utara, kabupaten Melawi.

Fokus program ini dilaksanakan di Kabupaten Melawi, dimana sasaran utama atau target program adalah remaja di daerah dan sebagai inisiasi untuk mengembangkan makanan khas daerah. Nurul berharap dari program ini tidak hanya mampu memberdayakan remaja di Kabupaten Melawi saja, namun di seluruh Provinsi Kalimantan Barat, dan Indonesia secara lebih luas.

Tantangan yang dirasakan oleh Nurul selama mengemban tanggung jawab sebagai Duta GenRe Putri Kalimantan Barat Tahun 2020 ini adalah kendala untuk bertemu langsung dan turun ke lapangan dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19 yang belum mereda. Namun hal ini tidak mematahkan semangatnya untuk terus bergerak dan menyebarkan kebaikan serta menginspirasi remaja Kalimantan Barat. “Saya berharap keadaan segera membaik, agar kita semua dapat melakukan aktifitas seperti semula kembali. Dan kami mohon doanya untuk kelancaran kegiatan dan dapat memberikan yang terbaik bagi Kalimantan Barat khususnya para remaja pada ajang Pemilihan Duta GenRe Indonesia Tahun 2020,” tutupnya.(iza)

error: Content is protected !!