Obat Tradisional Lebih Cepat dan Mudah Diperoleh

obat herbal

OBAT HERBAL: Bupati Sambas memijit tangan warga, saat mengeluhkan penyakit. OZY/PONTIANAKPOST

Memanfaatkan Lahan untuk Tanaman Untuk Obat

Tak melulu mengandalkan obat-obatan kimia. Tetapi, akan lebih baik jika masyarakat juga mengutamakan obat-obatan herbal yang bisa diproduksi sendiri. Memanfaatkan lahan yang ada. Ternyata, di sekeliling kita, dipenuhi dengan segala tanaman herbal.

FAHROZY, Sajad

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH pun mengingatkan hal itu. Dia mengajak masyarakat masyarakat untuk tidak sepenuhnya mengandalkan pada obat-obatan kimia. Namun bangun kebiasaan menggunakan tanaman obat.

Apalagi, penggunaan tumbuh-tumbuhan untuk obat bukan baru sekarang dikenal. Sejak jaman dahulu, sebelum adanya obat-obatan kimia, masyarakat sudah paham dengan obat-obatan herbal. Salah satunya adalah jamu.

“Mari manfaatkan tumbuh-tumbuhan yang banyak tumbuh di sekitar tempat tinggal, manfaatkan tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional untuk dikonsumsi ketika merasa sakit,” kata Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, Senin (7/10) saat hadir dalam pembukaan baksos dalam rangka HUT TNI ke 74 di Desa Mekar Jaya Sajad.

Bahkan, saat bertemu dengan masyarakat di kegiatan tersebut.
Bupati Sambas sempat memberikan tips cara-cara sederhana menghilangkan penyakit seperti pusing. Kemudian orang nomor satu di Kabupaten Sambas juga memberikan pijatan-pijatan kepada warga yang mengeluhkan penyakitnya.

“Gunakanlah obat kimia jika itu memang sudah terpaksa, tapi biasakan untuk mengkonsumsi obat tradisional dari tanaman yang ada disekitar kita,” katanya.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH secara resmi membuka kegiatan bakti sosial Pengobatan gratis HUT TNI ke -74 Tahun 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Atbah sampaikan apresiasi kepada TNI khususnya Dandim 1202 Singkawang, yang memiliki program membantu masyarakat Kecamatan Sajad dengan program Tentara Manunggal Membangun Desa disertai dengan pelayanan kesehatan yaitu dengan memberikan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis.

TIPS BERKEBUN OBAT
Banyak yang berkeinginan untuk memiliki kebun obat herbal sendiri. Tetapi bingung ingin menanam tanaman apa. Nah, ini dia ada jenis tanaman yang bisa anda tanam sendiri dan tidak memerlukan perawatan yang rumit yaitu tanaman obat. Tanaman obat sendiri tidak hanya mempercantik pekarangan dan halaman anda saja tetapi dapat memberikan manfaat bagi anda karena bisa anda jadikan sebagai obat alami.

Mangkokan
Sejak jaman dahulu daun mangkokan sering ditanam di beberapa pinggiran rumah. Seringkali daun ini dijadikan mainan anak kecil sejak dulu. Namun faktanya, daun mangkokan dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Manfaat yang mungkin anda rasakan dari daun mangkokan adalah mengobati masalah rambut rontok dan mengandung gizi dan nutrisi seperti vitamin a, vitamin b dan vitamin c. Baca : cara merawat tanaman hias daun suplir

Puring
Puring adalah jenis tanaman hias yang memiliki bentuk daun dan warnanya yang cantik. Anda sendiri bisa memanfaatkannya sebagai tanaman obat daripada tanaman hias loh. Menurut beberapa sumber, tanaman ini dapat memberikan manfaat seperti meluruhkan keringat, pencahar, mengatasi masalah cacingan dan melancarkan aliran darah.

Tali Putri
Tali putri adalah jenis tanaman yang dimanfaatkan seluruh bagian tubuhnya karena tanaman ini berbentuk seperti tali yang tumbuh merambat. Dengan mengunakan tanaman tali putri anda dapat membantu mengobati masalah sakit perut, penyubur rambut, mengatasi sakit pada lambung dan bisa digunakan sebagai obat cacingan. Baca :

Sereh Wangi
Sereh wangi biasa dimanfaatkan sebagai rempah pada masakan Indonesia. Siapa yang tidak menyangka, tanaman ini sekarang dikembangkan oleh beberapa orang sebagai tanaman obat. Masalah seperti kencing manis, darah tinggi dan masuk angin bisa teratasi oleh tanaman sereh wangi.

Lidah Mertua
Bagi anda pecinta tanaman hias pasti sudah mengetahui jenis tanaman lidah mertua. Ternyata tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai aromatheraphy, antiseptik, hair tonik, mengobati wasir, menurunkan resiko diabetes dan masih banyak lagi. Adapun bagian lidah mertua yang dimanfaatkan adalah getahnya. Baca : cara menanam lidah mertua

Secang
Secang adalah jenis tanaman yang bisa anda tanam dengan menggunakan biji atau stek. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman ini adalah kayunya. Khasiat secang dapat membantu menghilangkan batu darah pada tbc, buang air besar berdarah, radang selaput lendir mata dan pembersih darah.
Nama-nama di atas, hanya sebagian. Tentu, bisa dipilah lagi, mana yang lebih banyak manfaat dengan mencatat semua jenis tumbuhan yang bisa diperoleh secara mudah, kemudian menanamnya juga tak terlampau sulit.

Ketimbang halaman anda tidak ada tumbuhan, dan dibiarkan begitu saja, tentu dengan menjadikannya kebun obat akan berdampak maksimal. Buat keluarga, atau kerabat terdekat anda. (*)

Read Previous

Bocah 5 Tahun Dicabuli

Read Next

Bandara Singkawang Layak Investasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *