Objek Wisata & Sumber Listrik

SUMBER LISTRIK: Panorama Air Terjun Sirin Punti dari ketinggian di Desa Maragun, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau. Selain wisata, air terjun ini adalah sumber PLTMH.NARASI dan TEKS FOTO HARYADI PONTIANAK POST

INILAH air terjun Sirin Punti. Tingginya hampir 100 meter. Suara jatuhnya airnya  kencang. Memecah keheningan hutan saat air menghempas ke bebatuan. Hijaunya pepohonan semakin menambah indah kawasan  air terjun tersebut.

Populer menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi. Warga di Dusun Kelampuk, Desa Maragun, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau memanfaatkan air terjun tersebut sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Ada sekitar 150 buah rumah warga dari tiga dusun yang mendapat suplai penerangan dari Sirin Punti. Membayarnya pun ringan. Setiap rumah yang dialiri Sirin Punti, diwajibkan membayar  Rp10 ribu – Rp20 ribu per bulan. Namun kalau ada masyarakat yang memiliki televisi atau kulkas serta elektronik lainnya, pastinya diberikan tambahan biaya.

Sesuai kesepakatan yang sudah dimusyawarahkan bersama warga.

Tarasius, salah satu warga di dusun Sangke yang merasakan terangnya cahaya lampu dari tenaga PLTMH mengatakan, bahwa sudah begitu lama merindukan listrik.

Selama ini, hanya sedikit warga yang mampu mengandalkan listrik dari genset tenaga diesel berbahan bakar solar. Itupun hanya separuh malam saja. Sisanya membiarkan rumah diselimuti kegelapan. setiap malamnya.

“Penerangan  menggunakan genset banyak kendalanya,selain sulit mendapatkan bahan bakarnya, biaya yang cukup tinggi untuk perawatan menjadi persoalan yang harus dihadapi warga,” kenangnya.

Dia menambahkan bahwa PLTMH memang salah satu solusi untuk penerangan bagi masyarakat  di pedalaman yang memiliki potensi air terjun. Pembangunan PLTMH Sirin Punti didanai oleh dana alokasi khusus (DAK) APBD Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2012. PLTMH yang memanfaatkan air terjun Sirin Punti sebagai main power itu mampu menghasilkan tenaga 45 kilowatt. Tenaga sebesar itu sanggup menerangi  sejumlah rumah warga dengan daya yang cukup disediakan dari alam.

“Aliran listrik sudah cukup lama diidamkan warga dusun dan kini sudah bisa terealisasi dan kami bersyukur serta berterimakasih kepada semua pihak atas bantuan listrik ini,” ungkapnya. (*)

Read Previous

Sosialisasi Kampung KB Desa Tanjung 

Read Next

Kasih Tulus Ai Xin Bantu Warga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular