OJK Kalbar Sukses Gelar Lomba Vlog

PEMENANG: Para pemenang lomba Vlog OJK KalbarKategori SMP/sederajat.

Hadiah Para Pemenang Diserahkan

PONTIANAK – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Barat secara simbolis menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Vlog dalam rangka Hari Indonesia Menabung. Kegiatan ini menandai suksesnya penyelenggaran event Vlog di masa Pandemi Covid-19. Pemenang dua katagori SMA dan SMP langsung dibagikan dalam bentuk tabungan Simpel (Simpanan Pelajar).  Pemenang katagori SMA dengan total hadiah Rp 8,5 juta dan Rp SMP Rp 6,5 juta.

Pemenang lomba vlog SimPel OJK tingkat SMP atau sederajat, juara pertama dimenangkan oleh Rafif Firjatullah. Untuk juara kedua dan ketiga, jatuh kepada Najwa Putri Darmawan dan Akhjanjibert Ilmusa Zulkan. Untuk pemenang favorit kategori ini, yang dinilai berdasarkan jumlah suka terbanyak di Instagram, jatuh kepada Najwa Putri Darmawan.

Adapun kategori tingkat SMA atau sederajat, pemenang kedua sekaligus juara favorit adalah Fitri Damayanti. Untuk juara ketiga jatuh kepada Muhammad Lukman Al-Hakim. Juara pertama dalam kategori ini dimenangkan oleh Tan Muhammad Rafly Putra Iswandi.

PEMENANG: Para pemenang lomba Vlog OJK KalbarKategori SMP/sederajat.Kepala OJK Kalbar, Moch Riezky F Purnomo mengatakan, lomba tersebut digelar dalam rangka mendorong literasi dan inklusi pelajar yang ada di Kalbar. “Terutama untuk mendorong literasi. Minimal pelajar itu mengerti pentingnya menabung,” ungkap dia.

Pihaknya saat ini tengah melakukan kampanye ‘Satu Rekening, Satu Pelajar (KEJAR)’ guna mendorong inklusi keuangan di kalangan pelajar. Dia menjelaskan, kampanye KEJAR bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung sejak dini dan meningkatkan inklusi keuangan pada kelompok pelajar. Melalui program ini, diharapkan seluruh pelajar di Indonesia dapat memiliki budaya menabung di lembaga jasa keuangan formal sejak dini sekaligus membuka akses pelajar kepada produk keuangan formal lainnya.

“KEJAR diharapkan dapat menjadi salah satu aspek dalam upaya peningkatan inklusi di Indonesia, dengan tujuan tercapainya 100 persen kepemilikan rekening pelajar di seluruh Indonesia,” tutur dia.

Dia berharap para pemenang lomba punya semangat untuk terus meningkatkan literasi keuangan sekaligus menjadi pemengaruh di kalangan milenial. Agenda ini, diharapkan dapat berjalan secara rutin dengan bentuk lomba yang lebih kreatif dan sasaran yang lebih luas.

“Maunya rutin tidak harus di momen di Hari Indonesia Menabung. Next time,  kita ingin adakan dengan model yang berbeda lagi dengan sasarannya adalah milenial,” pungkas dia.

Adapun sosialisasi event selain media Pontianak Post, juga mengandeng influencer, Kamil Onte dkk yang dapat diakses via youtube https://www.youtube.com/watch?v=Qfk09T9Jzew

Salah satu pemenang, Rafif Firjatullah, mengaku senang berpartisipasi dalam lomba Vlog OJK tahun ini. Dia menceritakan, vlog yang dia buat memakan waktu hingga dua hari. Video itu berisi tentang kampanye tentang tabungan pelajar. “Video ini menceritakan tentang bagaimana cara buka tabungan simpel,” kata dia.

Peserta lainnya, Tan Muhammad Rafly Putra Iswandi, berharap video yang ia unggah diakunnya, dapat mendorong motivasi para pelajar agar bijak memanfaatkan uang. Video yang dibuat menceritakan tentang seseorang yang kaya, namun berprilaku konsumtif. Pada akhirnya orang tersebut sadar dan menjadi bijak menggunakan uang.

“Video ini menjadi menarik karena kami selipkan unsur komedi. Semoga pesannya tersampaikan,” tutur dia.(sti)

 

error: Content is protected !!