Operasi Yustisi hingga ke Desa-Desa

SUKADANA – Operasi yustisi penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid 19 dilakukan hingga ke Desa-Desa. Seperti yang dilakukan oleh tim di Kecamatan Sukadana, saat berada di Desa Sedahan Jaya, Senin (26/10).

Camat Sukadana, Syahrial Solihin mengatakan, pihaknya merupakan tim kecamatan dalam operasi yustisi, dengan melibatakan, TNI, Polri, Sat Pol PP dan pihak terkait lainnya. Dalam hal ini kata dia, dilakukan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2020.

“Sesuai dengan Perbub 44 tahun 2020 kita ditugaskan untuk melaksanakan operasi yustisi dalalam penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan di Desa-Desa,”jelasnya saat ditemui di Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Senin (26/10).

Dikatakan dia, dalam hal ini ada beberapa tahap yang dilakukan, pertama mensosialisasikan penggunaan masker. Kemudian tahap kedua teguran lisan hingga pada tahap ke tiga teguran tertulis. “Sampai saat ini masih dalam teguran tertulis kepada masyarakat yang ada di kecamatan Sukadana,”terangnya.

Dikatakan dia, kegiatan ini dilakukan di setiap desa, kalu di Kecamatam Sukadana ada 10 desa. “Pada hari ini di Sedahan Jaya, dan akan bergilir ke desa lain.Untuk mensosilisakan menegur, kepada masayarakat yang masih belum patuh dalam penggunaan masker,”tambahnya.

Untuk sanksi dalam tim Kecamatan, sebagai tim penyangga Kabupaten, tentunya terus mensosilisasikan, kemudian melanjutkan memberikan teguran secara lisan dan tertulis.

“Kalau sudah dilakukan masih ada masyarakat yang keluar dari jalur desa ke kabupaten disana ada tim Kabupaten, jika mereka tidak menggunakan masker disana akan dikenakan tindakan lebih lanjut,”tutupnya. (dan)

error: Content is protected !!