Optimal Berdayakan Potensi Desa

SYUKURAN: Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menghadiri syukuran renovasi pembangunan Kantor Desa Kubu Raya Ashri/Pontianak Post

SUNGAI RAYA – Kendati terletak jauh dari pusat ibu kota kabupaten dan berada di kawasan pesisir, namun Pemerintah Desa Kubu Kecamatan Kubu terus mendorong optimalisasi pelayanan publik bagi masyarakat. Pemerintahan desa ini juga berupaya maksimal menggali potensi desa untuk dikelola dalam meningkatan pembangunan dan kesejahtraan masyarakat desanya.

Salah satu upaya untuk memaksimalkan pelayanan public bagi masyarakat, Pemerintahan Desa Kubu pun telah melakukan sejumlah langkah nyata untuk kian memudahkan pelayanan bagi masyarakat, termasuk dengan memperbaiki dan merenovasi kantor desa.

Kepala Desa Kubu, Hermawansyah mengutarakakn dilakukannya renovasi terhadap kantor Desa Kubu merupakan sebagai salah satu upaya Pemerintah Desa dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakatnya.

“Kami renovasi Kantor Desa Kubu ini, salah satunya bertujuan untuk memberikan motivasi dan rasa nyaman bagi perangkat desa dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Di sisi lain, secara tak langsung dengan direnovasinya Kantor Desa Kubu ini juga memberikan rasa nyaman dan kian memudahkan masyarakat dalam mendapatkan beragam pelayanan publik di pemerintahan desa ini,” kata Hermawansyah, Selasa (15/9) usai menghadiri syukuran pembangunan renovasi Kantor Desa Kubu.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan Bersama roombongan yang turut menghadiri syukuran Kantor Desa Kubu mengatakan dengan direnovasinya kantor desa Kubu diharapkan semua pihak termasuk masyarakat desa bisa mengingat kembali bagaimana perjalanan dan perjuangan Kubu Raya yang saat ini sudah berjalan 13 tahun. Tentunya kondisi ini, kata Muda menjadi titik awal pondasi tekad dan semangat,  karena sejarah dan titik awal itu lah yang menentukan perjalanan kita saat ini dan kedepannya.

“Apa yang telah kita capai saat ini, semata-mata hanya untuk masa depan generasi kita. Yang mana kantor Desa ini milik warga desa Kubu yang harus kita kelola semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Pemerintahan Kubu Raya ini menegaskan, saat ini Pemerintah Kubu Rya terus berupaya maksimal memperkuat setiap desa di Kubu Raya yang saat ini sudah mencapai 118 desa. Upaya untuk memperkuat desa tersebut lanjutnya uga selaras dengan misinya yang ke tiga yakni memperkuat otonomi desa.

“Artinya apa, supaya membangun itu dengan benar-benar berkeadilan, dengan memberikan peluang-peluang yang sama kepada seluruh rakyat di desa-desa. Dengan cara itu, maka desa-desa bisa lebih maksimal berikan peran supaya setiap proses itu desa-desa yang di seluruh kecamatan termasuk di Kecamatan Kubu yang saat ini sudah 21 desa, tentu ini juga merupakan hal yang sangat kita perkuat supaya basis-basis di masyarakat benar-benar bisa diberdayakan,” paparnya.

Dikesempatan yang sama, Muda Mahendrawan juga meminta semua desa untuk memperkuat kemandirian pangan dalam arti luas diantaranya beras sayur mayur, sumber-sumber perikanan, pertenakan, perkebunan dan bahan olahan dari semua potensi sumber daya alam yang ada.

“Potensi sumber daya alam cukup banyak di Kubu Raya ini. Dan pada dasarnya beragam potensi yang ada itulah yang menjadikan daerah itu menjadi kaya. Biasanya orang menilai daerah yang kaya itu yang banyak tambang, nikel, tembaga, emas dan banyak minyak. Tapi sebetulnya bukan itu esensi daerah yang kaya, tapi seperti Kubu Raya inilah daerah yang kaya. Karena semua itu tidak akan pernah habis,” ungkapnya.

Bupati pertama Kubu Raya ini pun meminta Kepala Desa Kubu untuk kian memperkuat gerakan pemberdayaan perempuan dalam mengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) di tingkat desa. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat pengelolaan UKM di desa, seperti dengan memberikan pendampingan dan pelatihan bagi UKM.

“Kami juga focus pada pengembangan dan peningkatan kapasitas pelaku UKM, karena sudah terbukti di republik ini, UKM menjadi salah satu sektor yang mampu mempertahankan kekuatan negara kita ini dari sisi ekonominya. Makanya kita sekarang mendorong penguatan UKM yang ada hingga di tingkat desa,” jelasnya.

Sementara itu,  Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Suharso melihat, upaya yang telah dilakukan Pemerintahan Desa Kubumerupakan suatu inovasi yang luar biasa. Suharso pun mengapresiasi upaya pihak pemerintah desa dalam mendorong peningkatan pelayanan bagi masyarakatnya termasuk dengan melakukan renovasi kantor desa.”Namun ini semua tidak ada artinya jika kemewahan kantor desa ini tidak diimbangi dengan semangat etos kerja dari aparat desanya. Makanya kami juga berharap, dengan kian baiknya kuliatan kantor desa ini juga dibarengi dengan peningkatan kualitas kinerja para perangkat desa dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat dan terus berupaya mencari inovasi dalam mempercepat pembangunan di tingkat desa,” ungkapnya.

“Sebagai ibukota Kecamatan Kubu, sudah saatnya Pemdes Kubu menunjukan kinerja inovasi dan prestasi yang harus di raih. Hal ini juga sebagai semangat untuk mensupport Desa Kubu sebagai contoh dan cermin bagi desa-desa lainnya di Kecamatan Kubu,” tambahnya.

Politis partai Golkar ini pun menambahkan, dengan memiliki luas 1.211,60 kilometer, Kecamatan Kubu harus menggarap potensi yang ada dengan semaksimal mungkin dan sudah saatnya membangun sesuatu itu dimulai dari desa.

“Dengan mencerminkan ruang yang nyaman untuk desa ini, sehingga mampu menumbuh kembangkan semangat ini sampai ke semangat masyarakatnya itu harus juga ikut semangat seperti renovasi kantor desa yang diresmikan hari ini,” ujarnya.

Camat Kubu, Rustam Efendi turut mengapresiasi kerja kerasPemerintah Desa Kubu beserta jajarannya dalam merenovasi pembanguan kantor desa. Rustam Efendi juga mengingnkan semua kepala desa di Kacamata Kubu, agar menjadikan contoh apa yang telah dilakukan Pemerintah Desa Kubu.

“Memang untuk menjalankan suatu pemerintahan, perangkat desa harus memahami pengetahuan tentang pemerintahan desa, namun pembangunan fisik, termasuk upaya untuk sellau berinovasi dalam mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahtraan masyaraat desa juga menjadi penunjang kelancaran dari suatu pelayanan pemerintahan di desa,” pungkasnya. (ash)

loading...