Optimalkan Pemanfaatan Dana yang Dialokasikan Badan Restorasi

BUKA : Sekda Kalbar A L Leysandri saat membuka Pembekalan Teknis R3 dan Penandantangan SPKS Tahap III dan R2 di Hotel Ibis Pontianak, Kamis (12/9).HUMPRO KALBAR FOR PONTIANAK POST

Proses Restorasi Gambut Terus Berjalan

Sekretaris Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat AL Leysandri membuka pembekalan teknis R3 dan penandantangan SPKS tahap III dan R2 di Pontianak, Kamis (12/9). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya degradasi ekosistem gambut serta dampak yang ditimbulkan dengan kegiatan pemulihan (restorasi) secara sistematis, terencana dan terukur.

IDIL AQSA AKBARY, Pontianak

“UNTUK itu maka dibentuk Badan Restorasi Gambut (BRG) melalui Peraturan Presiden Nomor 1 tahun 2016,” ungkapnya.

Dijelaskannya BRG memiliki tugas pokok untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi pelasksanaan kegiatan restorasi gambut di tujuh provinsi pada kurun waktu lima tahun. Yakni dari tahun 2016 hingga 2020 di Provinsi Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.

“Pelaksanaan restorasi akan dilakukan pada lahan gambut yang terbakar pada tahun 2015 seluas dua juta hektare,” tambahnya.

Dalam mengimplementasikan kegiatan restorasi gambut, lanjut dia BRG menerapkan tiga pendekatan pokok. Yaitu R1 pembasahan gambut (peat rewetting), revegetasi (revegation) dan R3 revitalisasi sumber mata pencaharian (revitalization of local livelihoods).

Dari ketiga pendekatan ini lebih dikenal dengan pendekatan 3R. Sementara untuk kegiatan pembasahan gambut (peat rewetting) dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur pembasahan gambut seperti sekat kanal (canal blocking), penimbunan kanal (canal backfilling) dan sumur bor (deep wells).

“Kegiatan revegetasi (revegetation) meliputi kegiatan persemaian, pengembangan bank benih, kegiatan penanaman dan regenerasi alami,” katanya.

Sementara kegiatan revitalisasi sumber mata pencaharian meliputi berbasis lahan (land based livelihood activities) dan berbasis air (water based livelihood). Seperti pertanian tanpa bakar, paludiculture, peternakan, perikanan budidaya lebah madu dan lain-lain.

Sejak tahun 2017 Kalbar telah melaksanakan kegiatan restorasi gambut yang dilaksanakan langsung oleh BRG. Leysandri yang juga selaku Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah Kalbar, menambahkan kegiatan restorasi yang dilaksanakan tahun 2019 di Kalbar meliputi kegiatan pembasahan gambut (rewetting) dengan pembangunan sumur bordan sekat kanal. Revitalisasi ekonomi masyarakat serta revegetasi  areal bekas kebakaran tahun 2015.

Dengan target restorasi gambut pada tujuh KHG yakni, KHG Sungai Kapuas-Sungai Ambwang di Kabupaten Kubu Raya. KHG Sungai Kapuas-Sungai Mandor di Kabupaten Kubu Raya. KHG Sungai Mempawah-Sungai Peniti di Kabupaten Mempawah. KHG Sungai Sambas Besar-Sungai Sei Yung di Kabupaten Sambas. KHG Sungai Durian-Sungai Kualan di Kabupaten Kayong Utara . KHG Sungai Melawi-Sungai Batunanta di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi. Dan KHG Sungai Pawan-Sungai Tolak di Kabupaten Ketapang.

Dilaksanakannya kegiatan restorasi gambut ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya kebakaran di lahan gambut. Juga sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lokasi target restorasi gambut malalui fasilitasi dan bantuan ekonomi.

Untuk itu diharapkan para penerima dan pengelola dana kegiatan revitalisasi gambut dapat memanfaatkan secara optimal dana yang telah di alokasikan oleh BRG. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarkat dan dapat dikembangkan pada sektor pertanian, perkebunan, perikanan, maupun peternakan. “Sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam acara pembukaan pembekalan teknis R3 tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Swakelola (SPKS). Yakni untuk kegiatan revitalisasi ekonomi pada 11 kelompok masyarakat serta revegetasi pada KPH wilayah Kubu Raya seluas 50 hektare dan KPH wilayah Mempawah seluas 25 hektare.(*/r)

Read Previous

Gelar Pekan Raya Buah pada 29 September – 6 Oktober

Read Next

Kirim Bandit Masuk Penjara

Tinggalkan Balasan

Most Popular