Optimalkan Penerimaan Pajak, KPP Singkawang Ikuti Seremoni PKS

KERJA SAMA: Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menunjukkan berkas Perjanjian Kerja Sama Optimalisasi Pajak Pusat dan Daerah. IST

SINGKAWANG – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singkawang ikut serta dalam konferensi Zoom Meeting Seremoni Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Tahap III dalam rangka Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah yang diselenggarakan di Aula Kominfo Kota Singkawang, beberapa waktu lalu.

Pada tahun 2021 ini, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menggandeng 84 Pemda yang tersebar di Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan sinergi untuk Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah yang diperuntukkan bagi APBN 2021 sebagai penyokong utama anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Seremoni PKS ini dilaksanakan di Aula Nagara Dana Rakca DJPK dan disiarkan langsung di laman Youtube DJPK serta Zoom Meeting. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan  Astera Primanto Bhakti.

“Ini adalah batch ketiga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang awalnya merupakan kerja sama untuk saling melengkapi dan saling memberi. Kementerian Keuangan khususnya DJP dan DJPK masing masing membutuhkan data dan informasi saat ini kondisinya sudah sangat baik,” ujar Astera.

Selain Dirjen Perimbangan Keuangan, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo juga turut memberikan sambutan.  “Mengumpulkan penerimaan negara tidak hanya dapat dilakukan oleh satu instansi semata. Oleh karena itu, sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah diperlukan karena masing-masing pihak memiliki tujuan yang sama yakni mengumpulkan penerimaan,” katanya.

Setelah berbagai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama. Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie selaku perwakilan Pemerintah Daerah Kota Singkawang menandatangani perjanjian didampingi oleh Kepala Bidang Keberatan Banding dan Pengurangan Kantor Wilayah DJP Kalbar, Arif Mahmudin Zuhri.

Usai kegiatan, Ady Normansyah Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV KPP Pratama Singkawang memaparkan peranan DJP khususnya KPP dalam Perjanjian Kerja Sama ini. “Peran KPP Pratama Singkawang di sini salah satunya adalah sebagai mediator untuk berkoordinasi dengan pemda setempat terkait pokok-pokok perjanjian serta mensosialisasikan maksud dan tujuan perjanjian kerja sama ini, serta bersinergi dengan Pemda Singkawang untuk bekerja sama sebaik mungkin,” jelas Ady.(*)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!