Padagi; Tempat Keramat Desa Pahokng Dirusak

pedagi

MEDIASI: Para tokoh adat mengikuti mediasi di Polsek Mempawah Hulu terkait pengrusakan tempat keramat Desa Pahokng, Kamis (17/10). ISTIMEWA

NGABANG – Unit Reskrim Polsek Mempawah Hulu memediasi permasalahan pengrusakan Padagi atau tempat keramat di Desa Pahokng, Kamis (17/10). Dari hasil mediasipasca pengrusakan Padagi atau tempat Keramat Pahokng di Polsek Mempawah Hulu, Bidai Binua yang merupakan keturunan pengurus keramat didatangi penunggu keramat berupa naga air, yang meminta agar tempat tersebut segera dilangsungkan prosesi adat.

Hasil penelusuran tim di dalam mimpinya, bidai binua didatangkan tempayan mini antik berwarna putih, yang berlukiskan naga biru di tempayan. Setelah mendapat aduan dari Timanggong Pahokng selaku pelapor yang melaporkan tentang adanya dugaan pengerusakan padagi atau tempat keramat.

Unit Reskrim polsek Mempawah Hulu pun langsung memanggil pihak terlapor, untuk selanjutnya diadakan mediasi di Polsek Mempawah Hulu. Dalam mediasi ini dipimpin langsung Kapolsek Mempawah Hulu Ipda Zulianto. Dalam penyampaiannya, Kapolsek berharap permasalahan ini dapat diselesaikan secara musyawarah kekeluargaan.

“Permasalahan ini kita mediasi secara kekeluargaan, agar tidak ada yang menyalahi adat, karena Masyarakat kita adalah Masyarakat adat, dan tempat yang dipermasalahkan juga merupakan tempat adat,” ucapnya.

Dari mediasi tersebut, menghasilkan kesepakatan bahwa lahan tersebut akan dikembalikan kepada pihak adat melalui pengurus desa. Sementara untuk tempat yang sudah rusak akan diperbaiki kembali dan diadat sesuai kearifan lokal daerah tersebut.

Mikael, timanggong Desa Pahokng mengucapkan terima kasih kepada Polsek Mempawah Hulu, khususnya Kapolsek Mempawah Hulu yang dengan cepat merespon serta menyelesaikan permasalahan ini. “Dari hasil mediasi hasilnya semua akan diperbaiki. Kami apresiasi Polsek bisa respons cepat permasalahan ini,” katanya. (mif)

Read Previous

Kumpulkan Rp5 Juta dari Kantong Masing-masing

Read Next

Jokowi-Ma’ruf Resmi Memimpin Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *