Pahami Tugas-Fungsi Badan Pemadam Kebakaran

BAHAS HIBAH: Rakor bersama Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) se-Kota Singkawang membahas bantuan hibah di salah satu rumah makan yang ada di Singkawang, Selasa (10/9).Har/Pontianak Post

Wali Kota dan BPKS Rapat Bersama

SINGKAWANG–Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menggelar rapat koordinasi bersama Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) se-Kota Singkawang membahas bantuan hibah di salah satu rumah makan yang ada di Singkawang, Selasa (10/9).  Rakor tersebut dihadiri delapan BPKS, antara lain, BPKS Pasar Turi, BPKS Tua Pekong, BPKS Widya Bakti, BPKS Pasar Kulor, BPKS Mandiri, BPKS Siaga dan BPKS Dwi Tunggal Singkawang. “Dalam rakor, kita minta kepada semua BPKS yang ada bisa membentuk asosiasi, dimana semua anggota BPKS bisa masuk di dalamnya sebagai pengurus,” kata Tjhai Chui Mie.

Dia juga meminta, sejumlah data seperti berapa jumlah armada yang dimiliki masing-masing BPKS, apakah armada yang dimiliki masih layak pakai atau tidak.  Kemudian, jumlah anggota masing-masing BPKS ada berapa, apakah semua anggotanya sudah memiliki asuransi. Jika sudah, apa-apa saja yang ditanggung, mengingat pekerjaan mereka sangat berisiko dengan keselamatan nyawa.

Tjhai Chui Mie juga meminta berapa jumlah anggota yang masih aktif di masing-masing BPKS.  “Dengan sudah mendapatkan semua data-data tersebut, tahapan selanjutnya adalah akan kita rapatkan bersama TAPD, untuk diupayakan dalam pemberian bantuan berupa hibah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BPKS Dwi Tunggal Singkawang, Tjhai Nyit Khim mengatakan, melalui rakor yang digelar sebenarnya ada yang mau ia sampaikan khususnya keterlibatan BPKS terhadap masalah penanganan Karhutla yang terjadi akhir-akhir ini.  “Mengingat tupoksi yang ada di BPKS hanyalah fokus pada penyelelamatan terhadap kebakaran rumah, gedung dan pemukiman,” katanya.

Sedangkan untuk pemadaman Karhutla, itu bukan merupakan tupoksi BPKS. Jadi dalam penanganan Karhutla, menurutnya BPKS hanya membantu.  “Nah, kalau sifatnya hanya membantu berartikan sesuai dengan kemampuan. Hanya saja, masyarakat masih banyak yang belum paham atau salah kaprah mengenai tupoksi BPKS yang sebenarnya,” ujarnya.  (har)

Read Previous

Lima Anggota Satpol PP Alami Kecelakaan

Read Next

Ribuan Jemaah Tumpah Hadiri Taushiyah Sang Ulama

Tinggalkan Balasan

Most Popular