PAN Buka Pendaftaran Bacalon Kepala Daerah

PONTIANAK-Dewan Pengurus Wilayah Partai Amanat Nasional Kalbar membuka pendaftaran calon kepala dan wakil kepala daerah serentak tujuh daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2020 mendatang, dimulai dari Rabu (11/9). Untuk mendapatkan usungan PAN, para calon mesti melalui beberapa tahapan. Terpenting, PAN akan mencari pemimpin yang rekam jejaknya jauh dari keterlibatan korupsi.

“2020 Pilkada serentak dilalukan di tujuh daerah. Yaktu Sambas, Ketapang, Sekadau, Bengkayang, Kapuas Hulu, Melawi, dan Sintang. Hari ini (kemarin) PAN sudah membuka pendaftaran,” ungkap Ketua Tim Pilkada DPW PAN Kalbar, Lendeng Syahrani.

Dijelaskan dia, sebagai partai nasional agamis, PAN akan menerima semua bakal calon yang akan maju dalam pemilihan bupati dan wakil bupati dari tujuh daerah itu. Baik kader internal maupun calon eksternal boleh mendaftar dengan berkomitmen membangun daerah tersebut.

Sebelum memberikan rekomendasi pencalonan PAN ditegaskannya sudah ada mekanisme serta survey yang akan dilakukan sesuai ketentuan partai.

Tahapan yang telah disepakati dari Tim Pilkada PAN Kalbar mulai 11 September hingga 30 Januari 2020 adalah pendaftaran bakal calon, kemudian survey akan dilakukan pada bakal calon dari Februari hingga Maret.

Kemudian tanggal 1-27 April surat penetapan calon akan dikeluarkan oleh DPP PAN. 20-30 April pendaftaran Paslon ke KPU, 13 Juni 2020 penetapan calon oleh KPU, 16 Juni- 19 September 2020 masa kampanye dan 23 September 2020 pencoblosan.

Target tentu disebutnya ingin memenangkan semua daerah. Tapi PAN tetap realistis. Dimana ada tiga daerah berpeluang besar bisa menjabat sebagai kepala daerah. Yaitu di Kapuas Hulu, Melawi dan Sambas.

Saat ini, dua kabupaten yaitu Kapuas Hulu dan Melawi sudah ada komunikasi terkait pencalonan tinggal bagaimana kedepannya secara resmi mendaftar.

Kader eksternal yang mendaftar dipastikan akan dilakukan tes seperti calon eksternal lainnya. Siapa yang mempunyai kemampuan dan komitmen serta track record baiklah yang akan diusung PAN.

“Pada prinsipnya kami akan memberikan rekomendasi pada siapapun yang mempunyai komitmen membangun serta membawa daerahnya maju dan berkembang,” tandasnya.(iza)

Read Previous

Bupati Siap Pasarkan Makanan Khas Landak

Read Next

Wali Kota Pontianak Sidak Capil

Tinggalkan Balasan

Most Popular