Pandawa Beri Kemudahan Urus Kepesertaan JKN-KIS

Natalia Dessy foto memegang kartu JKN-KIS miliknya usai menceritakan pengalamannya mengurus kepesertaan BPJS Kesehatan melalui Pandawa, Selasa (28/9). (ISTIMEWA/PONTIANAK POST)

SINTANG – Sejak mengetahui bahwa virus Covid-19 yang menjadi penyebab pandemi global sejak awal 2020 itu bisa menular lewat droplet atau percikan air liur, pemerintah mengeluarkan kebijkan untuk membatasi pelayanan secara tatap muka. BPJS Kesehatan pun mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan memberikan pelayanan tanpa tatap muka.

Bagi BPJS Kesehatan, peserta JKN-KIS masih bisa mendapatkan pelayanan secara non tatap muka melalui inovasi yang dihadirkan lewat kanal Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA). Melalui PANDAWA, layanan kepesertaan BPJS Kesehatan dapat dilakukan tanpa harus datang langsung ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat. Beberapa layanan pun dapat dilakukan, seperti pendaftaran baru, pengaktifan kembali kartu, penambahan anggota keluarga, dan lain-lain.

 

Seperti yang diceritakan Natalia Dessy yang beberapa waktu lalu datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Sintang yang berada di Jalan Oevang Oeray, Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang. Saat itu ia hendak membantu bibinya yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta baru JKN-KIS.

“Waktu itu mau bantu bibi daftar BPJS Kesehatan, saat di depan pintu, saya ditemui oleh petugas keamanan. Setelah ditanya hal yang akan diurus petugas menyarankan untuk menggunakan PANDAWA. Saya sempat ke Kantor BPJS Kesehatan Sintang dulu untuk mengurusnya. Cuma disaranin sama petugas keamanan disana untuk hubungi PANDAWA saja. Biar ndak perlu bikin surat kuasa. Karena yang mengurus bukan orangnya langsung ya,” kata Natalia.

Bagi milenial yang melek teknologi seperti Natalia, hal itu dianggapnya sangat mempermudah urusan. Karena tak perlu meluangkan waktu untuk datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan, mengingat Natalia juga bekerja. Serta yang paling utama tak perlu bertatap muka dengan banyak orang.

“Lebih gampang dan lebih ringkas urusannya. Kita tidak perlu ketemu langsung dan kontak dengan orang. Pelayanannya juga baik sekali,” ujarnya.

Setelah mengenal PANDAWA, ia pun merasa lebih mudah mengurus kepesertaan JKN-KIS. Seperti melakukan pengecekan status kepesertaan JKN-KIS milik keluarganya hingga membantu orang terdekat mendaftar BPJS. Natalia pun menyadari bahwa hal ini baik dalam mendukung pemerintah mengantisipasi penularan Covid-19. (FR/ris)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!