Pandemi, Kunjungan Perpustakaan Turun Drastis

SALAM LITERASI: Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang Iwan Setiadi saat foto bersama pegawai Perpustakaan Sintang sembari tangan membentuk salam literasi di Perpustakaan Sintang, Jalan Bhayangkara, Kecamatan Sintang, Rabu (10/6).ARIS MUNANDAR/PONTIANAK POST

SINTANG-Jumlah kunjungan ke Perpustakaan Sintang yang berada di Jalan Bhayangkara, tepatnya di belakang Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sintang, menurun drastis pada tahun 2020. Padahal sejak 2016 sempat terjadi tren kenaikan angka kunjungan. Pandemi Covid-19 dinilai menjadi alasan penurunan kunjungan tersebut, Kamis (10/6).

“Jumlah pengunjung perpustakaan daerah mengalami peningkatan setiap tahun. Hingga puncaknya tahun 2019 mencapai 11.690 orang,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, Iwan Setiadi. Peningkatan kunjungan pada 2019 itu karena Perpustakaan Sintang melaksanakan program transformasi perpustakaan umum yaitu pengembangan literasi berbasis inklusi sosial.

Di dalam upaya transformasi itu, Perpustakaan Sintang pun merubah diri tidak hanya sebagai tempat menyimpan dan membaca buku. Tetapi juga menjadi tempat belajar dan aktivitas masyarakat berkegiatan.

Seperti di bidang ekonomi, diadakan kegiatan kursus dan pelatihan pembuatan kue dan kuliner lainnya, serta pelatihan budidaya tanaman hidroponik. Di bidang pendidikan, ada gerakan literasi sekolah, kursus bahasa inggris, kursus komputer, bimbingan belajar, diskusi, dan bincang asik tentang literasi. Sedangkan di bidang kesehatan, ada promosi kesehatan, serta bimbingan atau penyuluhan kesehatan dan gizi remaja.

Namun tren kenaikan sejak 2016 dan mencapai puncaknya pada 2019 itu itu tidak bisa dipertahankan di tahun 2020. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh pandemi yang membatasi orang untuk berkunjung ke perpustakaan. “Karena pandemi Covid-19, tahun 2020 menurun menjadi 2056. Karena layanan perpustakaan mengurangi aktivitas dan kurangnya pengunjung dari sekolah-sekolah akibat pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Capaian kunjungan tahun 2020 adalah yang terburuk selama 5 tahun terakhir. Karena pada 2016, jumlah kunjungan ke Perpustakaan Sintang adalah sebanyak 2.209 orang. “Sudah 2 tahun tidak ada pengadaan buku,” ucapnya.

Pandemi tak hanya berdampak langsung pada jumlah kunjungan. Tetapi juga berdampak rasionalisasi anggaran. Hal ini membuat anggaran di Dinas Perpustakaan dan Kerasipan menjadi terpangkas. “Kendala yang dihadapi saat ini adalah pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan pengurangan anggaran yang signifikan dan mengakibatkan banyak program dan kegiatan tidak bisa dilaksanakan,” sesalnya.

Tak hanya program dan kegiatan yang tak berjalan, sejak tahun 2019 tidak ada belanja buku untuk menambah koleksi buku di Perpustakaan Sintang. Hingga saat ini total koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Sintang adalah 24.207 koleksi.

Ditengah penurunan kunjungan di perpustakaan milik Pemkab Sintang, perpustakaan di lain malah tumbuh di masa pandemi. Seperti Perpustakaan Kecamatan, Perpustakaan Kelurahan, Perpustakaan Desa, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Rumah Ibadah dan Taman Bacaan Masyarakat. Dari 85 perpustakaan di tahun 2016 menjadi 104 unit di tahun 2019. Pada 2020, jumlah perpustakaan tumbuh menjadi 169 unit. “Kami sangat mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan oleh masyarakat sebagai mitra kami dalam upaya mengembangkan tingkat literasi di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Beberapa kendala seperti pandemi Covid-19 dan keterbatasan anggaran yang membuat program dan kegiatan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang tidak dapat berjalan, menurut Iwan tidak boleh melemahkan semangat dalam memberikan pelayanan keperpustakaan untuk masyarakat Sintang.

“Perpustakaan Sintang sebagai perpustakaan umum yang berada di kabupaten mengemban amanat untuk memberikan layanan pada masyarakat. Dengan segala keterbatasan yang kami miliki, tentu kami tetap harus semangat untuk memberi pelayanan untuk masyarakat. Terutama untuk membangun literasi di Kabupaten Sintang,” pungkasnya. (ris)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!