Pantau Kesiapan Personel Lakukan Semprot Serok 

CEK KESIAPAN: Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengecek kesiapan personel dan peralatan untuk melakukan penyemprotan disinfektan dengan cara Serok 

SUNGAI RAYA— Kodam XII Tanjungpura bersama jajarannya dalam waktu dekat akan melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak dengan cara  serbu keroyok (serok) selama tiga hari. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengnatisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19.

Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menerangkan penyemprotan disinfektan dengan cara serbu keroyok dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Pihak Kodam XII Tanungpura bersama semua stake holder yang ada baik itu Polri, Pemda dan Organisasi Kemasyarakatan termasuk organisasi yang lain akan melaksanakan penyemprotan disinfektan secara serentak menggunakan pola Serbu Keroyok di seluruh provinsi Kalimantan Barat. Makanya hari ini kami semuanya melakukan persiapan,” katanya, Rabu (25/3) usai Apel Gelar Personel dan Perlengkapan Dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Kodam XII Tanjungpura di Lapangan Apel Makodam XII Tanjungpura.

Muhammad Nur Rahmad menambahkan, penyemprotan akan dilaksanakan secara serentak mulai 26 – 28 Maret 2020 untuk waktunya dimulai pukul 08.00 wib disemua lokasi sasaran penyemprotan yang telah ditentukan.

“Penyemprotan disinfektan kali ini berbeda dari kegiatan sebelumnya karena akan dilakukan secara bersama – sama dan serentak. Jadi kami akan kerahkan semua alat prasarana yang kami miliki kemudian sudah dikoordinasikan untuk sasaran – sasaran dan para petugas yang akan bekerja di lapangan,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Muhammad Nur Rahmad ppun menghimbau seluruh masyarakat untuk proaktif membantu petugas saat dilakukan penyemprotan disinfektan di lapangan. Dia berharap saat tim bekerja melakukan penyemprotan disinfektan pada sasaran umum, diharapkan sementara waktu masyarakat dapat tinggal dirumah sementara waktu. Di sisi lain lanjutnya, masyarakat juga bisa membantu dengan melaksanakan pembersihan dirumah masing – masing.

“Sektor umum kami yang akan membersihkan, kemudian sektor rumah silahkan untuk masing – masing perorangan. Dengan demikian kami ikut memperkecil kemungkinan media sebagai tempat tinggal virus itu. Ini juga salah satu cara agar kita semua masyarakat Kalbar bisa terhindar dan mengurangi korban – korban berikutnya,” ucapnya..

Muhammad Nur Rahmad juga meminta kerjasama dari masyarakat untuk ikut berperan serta dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah mendunia. Menurutnya, kondisi saat ini masih ditemukan beberapa masyarakat yang masih melaksanakan kumpul – kumpul baik itu di rumah makan, warung kopi dan titik keramaian lainnya.

“Kami lihat di media bagaimana rekan – rekan yang ada di negara lain begitu kewalahan mengatasinya, tentunya kami tidak ingin terjadi hal tersebut khususnya di Kalbar. Karenanya, sekali lagi diperlukan kerjasama semua masyarakat. Kita harus bahu membahu bersama – sama melawan virus ini dengan cara tetap menjaga jarak, tetap dirumah, menjaga kebersihan sehingga semua kemungkinan terjadinya penyebaran itu bisa kita cegah,” tegasnya.

“Karena disini kata kuncinya adalah penyebaran. Jangan sampai penyebaran virus ini sedemikian masifnya. Ini salah satu yang kita upayakan mudah-mudahan kita semua berharap melalui kegiatan yang kita lakukan bisa mencegah Kalbar ini tidak terdampak lebih parah lagi,” tambahnya.

Sebelumnya, Kakesdam XII Tanjungpura, Kolonel Ckm dr. Sebastian AB. M.Kes., menerangkan apel tersebut bertujuan untuk mengecek kekuatan personel termasuk kesiapan alat-alat yang akan digunakan dalam aksi penyemprotan disinfektan yang akan dilakukan mulai Kamis(26/3).

Kata Sebastian penyemprotan disinfektan dengan cara serbu keroyok tersebut akan dilaksanakan di seluruh jajaran Kodam XII Tanjungpura. Khusus untuk di Kota Pontianak dan sekitarnya, Kodam XII Tanjungpura akan menerjunkan sebanyak 500 personel yang akan dibagi di beberapa kecamatan di Kota Pontianak. Untuk keamanan, setiap personel juga akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri. (ash)

Read Previous

Gedung KB, TK, SD, SMP, SMA Islam Al Azhar Disemprot Disinfektan oleh Brimob Polda Kalbar

Read Next

Dandim: Apapun Risikonya, Kita Hadapi Bersama-sama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *