Parpol Mulai Lakukan Penjaringan

MENCARI CALON: DPC PKB Sambas mulai melakukan penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan diusung di Pilkada Sambas 2020.OZY/Pontianak Post

Sejumlah nama mulai ancang-ancang untuk meramaikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sambas 2020 mendatang. Belum lama masa penjaringan dibuka oleh dua Partai Politik yakni PDI Perjuangan dan PKB, sudah muncul 8 nama, yang mengambil formulir di Sekretariat dua Parpol tersebut.

PDI Perjuangan Kabupaten Sambas, menjadi parpol pertama secara terang-terangan melakukan penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan diusungnya. Sebagai partai pertama, hingga Jumat (13/9), sudah ada tujuh nama mengambil formulir pendaftaran.

“Sudah ada tujuh nama yang mengambil formulir pendaftaran,” kata Staf Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sambas, Asrul, Jumat (13/9).  Nama-nama tersebut, diantaranya H Guntur SH MH, Kemudian Hj Hairiah SH MH yang merupakan Wakil Bupati Sambas, Letkol Hendri YK S Sos, Mursalin SP, H Satono S Sos I MH, Fahrur Rofi SIP MH Sc dan Dr Helman Fachri SE MM.

Kemudian di Sekretariat DPC PKB Kabupaten Sambas. Dimulai pada 13 hingga 24 September 2019, mulai melakukan penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas yang akan diusungnya. “Kami DPC PKB Sambas membuka seluas-luasnya bagi siapa saja, baik dari internal maupun eksternal partai, silahkan jika akan mengambil formulir pendaftaran,” kata Ketua DPC PKB Kabupaten Sambas, dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH, Jumat (13/9) saat melakukan konferensi pers pembukaan penjaringan.

Dalam pelaksanaan penjaringan, PKB akan berlaku profesional. Tak ada pembatasan jumlah, nantinya, PKB secara internal akan melakukan survey terhadap bacalon yang akan diusung, kemudian menyerahkan hasilnya ke DPP untuk mendapatkan keputusan.

Namun demikian, sebagai parpol yang belum memenuhi kursi untuk mengusung pasangan calon. Juliarti menyebutkan PKB sudah membangun komunikasi dengan partai politik lain, b egitu juga sebaliknya, partai politik lain mulai berkoordinasi dengan PKB untuk hadapi Pilkada 2020.

Sebagai Ketua DPC PKB Sambas, dalam kontes Pilkada 2020, PKB harus menjadi pemenang. Namun, dirinya meminta seluruh kader,s impatisan, tim dan lainnya, untuk tetap mengedepankan politik santun. “Kalau ditanya target, tentunya semua partai politik ingin menang. Namun yang paling kami tegaskan, bagaimana PKB tetap menjalankan politik santun,” katanya.

Setelah menutup konpres yang dihadiri empat kader PKB yang duduk di DPRD Sambas, pengurus hingga sejumlah pihak. Ketua DPC PKB Sambas menerima Heroaldi,  yang akan mengambil formulir pendaftaran.  “Di hari pertama setelah penjaringan dimulai, PKB sudah menerima satu nama, yakni Heroaldi Djuhardi. Dan beberapa nama juga berencana mengambil formulir ke PKB, sudah ada komunikasi dengan saya,” katanya.(fah)

Read Previous

Jokowi Setuju Tiga Poin Revisi

Read Next

Pemuda Harus Jadi Pemimpin Inovatif

Tinggalkan Balasan

Most Popular