PaskaTiga Perda Baru, Minta Pemkab Segera Terbitkan Perbup Pelaksana

Fransiskus

KETUA DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang untuk segera membuat Perbub (Peraturan Bupati) sebagai peraturan turunan sebagai pelaksanaan dari tiga Raperda inisiatif DPRD yang sebelumnya telah disahkan menjadi Perda Baru.

Diketahui sebelumnya, DPRD dan Pemkab Bengkayang telah meresmikan tiga Perda baru, yang masing-masing berisikan tentang Pembangunan Industri Kabupaten Bengkayang, Raperda tentang nama jalan dan sarana umum, serta Raperda Bela Beli Produk Bengkayang.

“Pada prinsipnya, kita dari DPRD akan mendorong pemkab agar segera membuat Perbub sebagai turunan dari tiga Perda yang kemarin sudah disahkan. Dan kita berharap, Perda yang baru saja disahkan tersebut nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” ujar Fransiskus, Selasa (8/6).

Pria yang karib disapa Fran tersebut turut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah (Pemda), dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati yang sudah sependapat dan menyetujui tiga Raperda menjadi Perda baru tersebut.

Menurutnya, tiga Raperda inisiatif DPRD yang sebelumnya diusulkan sangat penting. Karena, sambungnya, selama ini terkhusus Raperda penamaan jalan dan sarana umum masih tidak sesuai dengan sejarah atau budaya setempat. “Oleh karena itu, kita dari DPRD memprakarsai agar Raperda tersebut dapat menjadi petunjuk hukum bagi penamaan jalan di Bengkayang,” katanya.

“Kemudian menyangkut produk Bengkayang, harus kita bela dan lindungi karena banyak produk Bengkayang ini diakui pihak luar, dan ini dirasa perlu peraturannya dalam bentuk Perda. Sehingga hari ini menjadi awal yang baru Bengkayang memiliki peraturan tentang hal tersebut,” sambungnya.

Dia menambahkan bahwa ketika Raperda tersebut saat ini sudah dijadikan Perda, dan saat ini pihaknya telah meminta kepada OPD terkait untuk segera menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup). “Dan saya pikir ini harus segera dilakukan agar bisa diimplementasikan,” tuturnya.

Lebih jauh, dirinya juga turut menyorot Raperda Beli Produk Bengkayang, yang menurutnya jelas akan menjadi perlindungan bagi masyarakat Bengkayang dan menghindari pencurian hak intelektual Masyarakat Bengkayang. Sehingga, dengan berlakunya Perda tersebut, kedepan para penghasil produk asli Bengkayang bisa lebih leluasa dalam berkarya dalam menghasilkan produk asli Bengkayang. “Dengan ini, tentunya kita berharap ini bisa berefek pada pendapatan dan kemajuan daerah,” tutupnya.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis menyatakan akan segera menyusun Peraturan Bupati atau Perbup sebagai pelaksanaan Perda setelah disetujui.

Selain itu, dia mengatakan bahwa seluruh produk hukum Perda dan Peraturan Bupati (Perbub) Bengkayang akan segera di sebarluaskan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, media massa dan sarana lainnya. Hal ini, sambungnya, perlu dilakukan agar bisa diakses oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang.

“Jadi nanti hasilnya bisa kita sebarluaskan kepada masyarakat, sehingga diketahui produk-produk hukum yang telah disetujui, agar  dapat diketahui. Yang jelas kita akan ditindaklanjuti untuk perbubnya,” ujarnya. (Sig)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!