Pastikan ART dan Majikan Sekeluarga Bebas Covid-19 Usai Mudik

PULANG KAMPUNG: Warga yang pulang mudik menggunakan sepeda motor. Meski ada larangan dari pemerintah, sebagian masyarakat tetap mudik saat Lebaran. Ahmad Khusaini/Jawa Pos)

Masyarakat sudah mulai berangsur kembali dari kampung halaman pascamudik Lebaran. Tak hanya karyawan dan majikannya, para Asisten Rumah Tangga (ART) pun sudah mulai kembali ke kota asal mereka. Bagaimana memastikan agar mereka terbebas dari Covid-19 saat tiba di rumah masing-masing?

UNTUK memastikan tidak tertular Covid-19, mereka harus melakukan pemeriksaan baik dengan PCR maupun antigen. Tak hanya untuk ART, majikan juga harus memastikan anggota keluarga mereka sehat. sehingga ketika tinggal satu rumah nanti tak akan menyebarkan Covid-19.

Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan siapapun termasuk ART dan majikan wajib membawa hasil laboratorium negatif saat kembali dari kampung halaman. Lalu sampai di tempat tujuan, wajib melakukan pemeriksaan kembali.

Bawa hasil laboratorium yang negatif. Sampai di tempat tujuan lakukan pemeriksaan PCR/rapid antigen,” katanya, Selasa (18/5).

Lalu bagaimana jika tak menunjukkan gejala dan hasilnya negatif? Menurut Nadia, siapapun tetap saja wajib melakukan karantina mandiri selama lima hari. Jika tak memungkinkan dilakukan di hotel atau fasilitas umum dan harus dilakukan di rumah, maka penting berada di kamar terpisah.  “Lakukan karantina selam lima hari. Dan tetap pakai masker selama di dalam rumah,” tegas Nadia.

Sementara itu, di Posko Kesehatan Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan sebaiknya karantina mandiri dilakukan di pusat kesehatan terdekat. Sehingga akan terkontrol lebih ketat.  “Bagi setiap pelaku perjalanan saat sesampainya di tempat tujuan harus melakukan karantina mandiri 5×24 jam jika tidak ada gejala,” katanya. “Baiknya di fasilitas karantina terpusat karena pengawasan protokolnya terjamin,” jelas Prof Wiku.

Lalu bagaimana jika ART dan majikan mengalami gejala Covid-19? Tentunya Prof Wiku menyarankan agar siapapun yang mengalami gejala harus segera pergi ke fasilitas kesehatan terdekat. Misalnya seperti batuk, demam, dan sesak napas. (*)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!