Patroli Gabungan Cegah Penyebaran Virus Korona

PATROLI: Tim gabungan saat melakukan patroli dalam mencegah penyebaran virus korona di Sukadana. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

SUKADANA – Tim gabungan melakukan patroli pencegahan penyebaran virus korona (Covid 19) ke beberapa lokasi yang ada di Sukadana, Senin (24/8). Hal tersebut dilakukan mereka menyikapi bertambahnya 23 kasus baru konfirmasi virus korona (Covid-19) di Ketapang.

Sementara, dari hasil patroli di lapangan masih ada ditemukan yang tidak menerapkan protokol kesehatan, satu di antaranya dalam menggunakan masker. Kapolsek Sukadana Ipda Herlyan mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya  pencegahan penyebaran virus korona di Sukadana. Mereka mengimbau kepada masyarakat, pemilik usaha, maupun pengunjung agar dapat menerapkan protokol kesehatan.

“Terkait adanya kasus yang terjadi di Citimall dan warga Ketapang terkena virus korona, atas perintah Bapak Kapolres di wilayah hukum Sukadana kita menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar dapat menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Dalam kegiatan ini, diakui Kapolsek masih ada warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu ia berharap kepada masyarakat agar dapat peduli atas hal ini.

Herlyan mengatakan, pada saat kegiatan yang akan dilakukan secara rutin tersebut, mereka melibatakan TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama, Camat, maupun Desa. “Kita melibatkan, TNI, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, Camat, Desa, meninjau langsung ke lokasi agar dapat menyediakan tempat cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak salah satunya di cafe yang ada di Sukadana. Karena masih ada ditemukan beberapa tempat yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” sambungnya.

Ia berharap, dengan kembali ditemukan kasus baru konformasi virus korona di Ketapang, Kayong Utara tidak mengalami hal yang sama. “Dampak dari Ketapang yang terkena virus korona, kita tidak ingin Kayong Utara terdampak virus tersebut.  Saya berharap untuk Kayong Utara tidak ada yang terjangkit,” ungkap Kapolsek.

Sementara Camat Sukadana Syahrial Solihin berpesan kepada pengelola usaha kafe agar dapat menjaga jangan sampai adanya penyebaran ini terjadi di Sukadana. “Saya tidak menginginkan virius ini ada di Sukadana, apa lagi saat ini di Kayong Utara sudah masuk zona hijau. Untuk itu guna mencegahkan sebaiknya kita dapat menerapkan protokol kesehatan,” lanjutnya.

Sementara, tokoh masyarakat Kayong Utara Ahmad Suandi sangat mendukung kegiatan yang dilakukan secara bersama tersebut, untuk terus meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. “Kami selaku tokoh masyarakat sangat mendukung dengan program ini, dengan harapan dapat dilakukan secara rutin. Kita mengimbau kepada masyarakat agar dapat atur jarak, cuci tangan, dan wajib pakai masker,” lanjut dia.

Selain itu, untuk tim gugus tugas di Kayong Utara diharapkan dia agar dapat kembali melakukan penjagaan di setiap pintu masuk antara perbatasan kabupaten. “Kami berharap apa yang telah diperbuat oleh tim gugus tugas dapat lagi menjaga pintu masuk di Kayong Utara, Siduk, Teluk Batang, agar dapat diaktifkan kembali, dan tolong imbauan dari Pak Gubernur agar dapat diperhatian dan dijalankan,” tutup mantan anggota DPRD Kabupaten Kayong Utara tersebut. (dan)

error: Content is protected !!