Pawai Takruf Diikuti Ribuan Orang

TAKRUF: PHBI kabupaten Sanggau diikuti sedikitnya lebih dari lima ribu orang. Meski diguyur hujan, para peserta tetap semangat.SUGENG/PONTIANAKPOST

Meriahkan Tahun Baru Hijriyah

SANGGAU – Pawai takruf yang diadakan oleh Panitia Hari Besar Islam Kabupaten Sanggau diikuti sedikitnya lebih dari lima ribu orang. Meski diguyur hujan, para peserta tetap semangat melakukan long march di jalanan Kota Sanggau, Minggu (1/9).

Sebelum melepas peserta pawai, Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan harapannya agar pada tahun baru ini umat muslim dapat sungguh-sungguh berhijrah dari hal-hal yang kurang berkenan menjadi manusia-manusia yang semakin baik iman dan takwanya kepada Allah SWT.

“Khusus kepada pribadi-pribadi umat muslim untuk mengevaluasi diri dan merenungkan apa yang sudah dilakukan di tahun 1440 hijriyah yang lalu, sejauhmana saudara-saudara melaksanakan iman itu, karena kata hijriah yang artinya perpindahan dari tahun sebelumnya ke tahun ini dapat membawa perubahan menuju perbaikan iman dan takwa,” katanya. Dengan modal iman dan taqwa, lanjut dia, yang dimiliki masyarakat Sanggau, tentunya akan membawa kebaikan juga bagi Kabupaten Sanggau.

“Dengan iman dan takwa yang kuat kita bisa menjadikan Kabupaten Sanggau ini menjadi lebih baik karena kebersamaan dan dengan penuh kedamaian. Semoga kedepan rasa kebersamaan ini terus kita jaga dan kita ciptakan kedamaian secara bersama-sama, terutama kepada generasi muda agar bisa lebih cerdas,” jelasnya.

Dirinya juga mengapresiasi kinerja PHBI Kabupaten Sanggau yang dinilai sukses dan sangat aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan. Bupati mengaku senang antar umat beragama di Kabupaten Sanggau bisa rukun dan damai.

“Ingat Sangggau ini kita molahnya (kita yang buat,red), bukan orang lain. Kita orang sanggau harus satu hati untuk Sanggau yang kita cintai,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi mengajak seluruh umat muslim bersatu padu melaksanakan kegiatan keagamaan. Begitu juga dengan tahun baru nasional. Diharapkan bisa dilaksanakan dengan kegiatan yang bermanfaat dengan menampilkan kegiatan-kegiatan ibadah, bukan dengan hura-hura seperti kebut-kebutan di jalan.

“Saya yakin di tahun baru nasional nanti semua umat melaksanakannya, tapi harus dengan kegiatan yang bermanfaat,” ujarnya.
Usai kegiatan ini, tepatnya di hari yang sama dengan kegiatan PHBI tetapi di waktu yang berbeda akan dilaksanakan pawai bulan bakti kitab suci yang diselenggarakan oleh umat katolik.

“Mereka juga nanti sore akan berkumpul di halaman pemda ini untuk merayakan bulan bakti kitab suci. Inilah bentuk keberagaman di daerah kita yang harus kita pertahankan,” ujarnya.

Ketua umum PHBI Kabupaten Sanggau, Hadi Sudibjo menyampaikan adapun rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan tahun baru islam 1 Muharram 1441 H yang digelar PHBI Kabupaten Sanggau yaitu pertama, pawai takruf yang dilaksanakan Minggu pagi.

Kemudian, kedua, peringatan tahun baru islam 1441 H yang bekerjasama dengan pengurus Masjid Jami’ Sultan Ayub lingkungan kantu’ Sanggau yang juga merupakan puncak kegiatan 1 Muharram 1441 H yang akan dilaksanakan pada Minggu (1/9) malam di halaman Masjid Jami’ Sultan Ayub lingkungan Kantu’.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diadakan PHBI Kabupaten Sanggau sebagai salah satu upaya merealisasikan seven brand image Pemkab Sanggau yang salah satu pointnya adalah berbudaya dan beriman guna menuju Sanggau maju dan terdepan,” katanya. (sgg)

Read Previous

Melalui Kegiatan Ini, Tepis Jiwa Individualisme

Read Next

Bupati Sambut Kedatangan Jemaah Haji

Tinggalkan Balasan

Most Popular