Peduli Covid-19, Mathla’ul Anwar Berbagi

PEDULI : Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Pontianak membagikan 100 lebih paket sembako, Minggu (17/5).

PONTIANAK- Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Pontianak membagikan 100 lebih paket sembako, Minggu (17/5). Bantuan ini diberikan kepada tenaga pendidik, dan kependidikan serta masyarakat di sekitar Pondok Pesantren jalan Prof. M. Yamin (Jl. Pak Benceng) yang terdampak pandemi Covid-19.

Momon Salmon, Ketua Perguruan Mathla’ul Anwar Kalimantan Barat mengatakan kegiatan ini merupakan upaya membantu pemerintah dalam meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan karena wabah covid-19.

Pondok Pesantren ini berusaha berperan aktif sesuai dengan kemampuan. Bantuan sembako yang dibagikan sebagian besar dari kas Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar dan para donatur yang tidak mengikat.

“Selain bantuan sembako, kami juga bagikan masker agar digunakan dalam setiap bepergian yang merupakan salah satu bentuk ikhtiar agar terhindar dari virus corona,” katanya Momon disela-sela penyerahan bantuan.

Dalam suasana Ramadan ini, kata dia hal yang sangat menyenangkan adalah ketika mampu berbagi dengan sesama sebagai aksi sosial Peduli Covid-19.

“Pembagian sembako kepada mayarakat terdampak covid-19 ini, dan juga mengingat bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Kami berharap semoga bantuan sembako ini dapat bermanfaat bagi penerimanya,” ucapnya.

Pengurus Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Pontianak dalam menyikapi wabah yang sedang melanda negeri ini, berusaha mengikuti perkembangan yang disampaikan pihak pemerintah.

Aktivitas belajar mengajar yang seharusnya berlangsung sampai dengan H-7 Idul Fitri, diliburkan sejak 27 Maret 2020 sampai dengan awal juni 2020, atau sampai ada imbauan resmi dari pihak pemerintah. Dalam masa libur covid-19 yang sangat panjang ini, proses pembelajaran berlangsung jarak jauh/daring.

Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar yang berdiri 1996 dan mulai operasional pada tahun 1997. Kehadiran Pondok Pesantren ini wujud dari tercapainya misi besar Mathla’ul Anwar yang merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang ada di Indonese, Sejak tahun 1916 tepatnya di daerah Menes Provinsi Banten dimana Mathla’ul Anwar Anwar dilahirkan yang dipelopori oleh seorang tokoh sederhana bersama KH. Mas Abdurrahman.

Organsisi kemasyarakatan ini mengemban tiga misi besar yang bergerak pada bidang pendidikan, dakwah dan sosial. Hingga saat ini Mathla’ul Anwar sudah tersebar luas disetiap Provinsi yang ada di Indonesia, salah satunya di Pontianak Kalimantan Barat telah berdiri Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar yang menyelenggarakan tiga unit pendiidikan yaitu TK Islam, Madrasah Tsanawaiyah dan Madrasah Aliyah dengan jumlah santri sekitar 500 orang lebih yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat bahkan dari luar Provinsi Kalimantan Barat. (mrd)

loading...