Kejari Sambas Terapkan Prokes Dan Andalkan Layanan Online
Peduli di Tengah Pandemi, Sampaikan Bingkisan ke Nakes

DONOR DARAH: Kajari Sambas pantau kegiatan donor darah dalam rangkaian kegiatan HBA ke 61

SAMBAS – Sebagai bentuk apresiasi, motivasi dan kepedulian terhadap tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan pencegahan Covid-19. Kejaksaan Negeri Sambas memberikan bingkisan kepada nakes baik yang berada di Puskesmas, Rumah Sakit serta Dinas Kesehatan.

Penyerahan bingkisan kepada nakes dan masyarakat tidak mampu, merupakan rangkaian kegiatan peringatan  Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 61 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-21 yang dilaksanakan jajaran Kejaksaan Negeri Sambas.

Apresiasi dan terimakasih pun disampaikan dari para tenaga kesehatan kepada jajaran Kejari Sambas yang peduli dengan nakes serta warga miskin ditengah pandemi covid 19. Seperti disampaikan Kepala Puskesmas Terigas Sambas, Eka. Dirinya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kejari Sambas, dan apa yang disampaikan sangat bermanfaat bagi pihaknya. “Apa yang disampaikan Kejari Sambas akan bermanfaat bagi para Nakes khususnya yang bertugas di Puskesmas Terigas. Dan saya meminta kepada semuanya, harus sehat, mari kita kalahkan pandemi ini,” kata Eka.

Hal sama juga disampaikan Kepala Puskesmas Dalam Kaum Kecamatan Sambas, Dirman. Dirinya mengapresiasi kepedulian dari pihak Kejari Sambas kepada nakes yang bertugas di Puskesmas Dalam Kaum khususnya.

Selain ke Nakes, warga kurang mampu juga menyampaikan apresiasi kepada kepedulian Kejari Sambas. Minah misalnya, sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan Kejari Sambas kepada keluarganya. Ini akan membantu disaat kondisi pandemi yang masih terjadi. “Terimakasih kepada Kejari Sambas, mantap,” katanya.

Kajari Sambas, Ichwan Effendi SH MH mengatakan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda bangsa. Di 2021, Kejari Sambas dengan menerapkan protokol kesehatan melaksanakan sejumlah kegiatan sesuai dengan tema yang diusung dalam Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 61 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-21 yakni berkarya untuk bangsa.

“Rangkaian kegiatan, sesuai instruksi dari pusat, melakukan kegiatan sebagai bentuk kepekaan sosial, kepedulian sosial ditengah pandemi covid 19 yang belum bisa teratasi. Sehingga masyarakat menjadi korban karena perekonomian yang rusak, banyak yang terpapar sehingga tak bisa bekerja, termasuk kepada para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan pencegahan covid 19, juga tak sedikit yang terpapar karena menjalankan tugas,” katanya.

Dari kondisi tersebut, di Kejari Sambas melaksanakan kegiatan sosial, di antaranya bakti sosial ke Panti Asuhan Nurul Amin, kemudian On The Spot memberikan bantuan ke warga tak mampu. “Saat menyampaikan bantuan ke warga, hujan lebat, tapi kami bersama jajaran Kejari Sambas tetap semangat menyampaikan bantuan langsung ke rumah warga,” katanya.

Dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kepada ratusan tenaga kesehatan baik yang di puskesmas, Rumah sakit maupun dari Dinas Kesehatan. Kejari Sambas juga menggelar vaksinasi massal, bersilaturahmi dan memberikan bantuan kepada purnawirawan kejaksaan, memberikan penghargaan kepada cleaning service, beasiswa kepada anak pegawai kejaksaan, ziarah, donor darah. Dan puncaknya pada Kamis (22/7) yaitu upacara secara virtual yang dipimpin Jaksa Agung dan semua dilaksanakan dengan menerapkan prokes.

Di kesempatan itu, Kajari Sambas juga menyampaikan capaian kinerja seluruh Seksi dan bagian di Kejari Sambas. Kemudian menyikapi situasi pandemi covid 19, Kejari Sambas berkreasi dan berinovasi dalam pelayanan, yakni menerapkan sistem online. Mulai dari menerima aduan masyarakat secara online, konsultasi online serta lainnya.

Selanjutnya, dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Kejari juga membuat Rumah untuk saksi, yang bisa ditempati saksi dalam persidangan jika rumahnya cukup jauh dari kantor Pengadilan. Begitu juga dalam pengembalian barang bukti, Kejari Sambas melayani pengantaran barang bukti, Antar jemput saksi, sidang online dengan menganut azas peradilan cepat dan biaya ringan.

Begitu juga untuk pemindahan tahanan dari Polres Sambas ke Rutan Sambas dilakukan sesuai SOP dan Prokes dan dilakukan Rapid Test. Jika positif akan dilakukan perawatan intensif. Semua ini dilakukan pihak Kejari Sambas. Sehingga Kejari Sambas, meski ditengah pandemi, tetap fokus dalam penanganan hukum untuk meminimalkan kerugian negara dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pelayanan hukum untuk mencegah penyebaran Covid-19.(fah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!