Pelaksanaan UNBK di Sekadau Tetap Berlangsung

Ujian : UNBK tingkat SMA/SMK di Sekadau di SMK Negeri 1 Sekadau, meski Kalbar siaga mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sigit Adriyanto/Pontianak Post

Antisipasi Wabah Corona, Sekolah Diliburkan

Siswa kelas X dan XII diminta untuk tidak melakukan aktivitas belajar di sekolah. Namun diwajibkan belajar secara mandiri di rumah. Hal itu, dibarengi sekolah memberikan tugas bagi siswa untuk dipelajari, mempersiapkan menghadapi ujian kenaikan kelas.

Sigit Adriyanto, SEKADAU

PARA pelajar di Sekadau saat ini sudah mulai melakukan aktivitas belajar mandiri di rumah masing-masing seiring dengan intruksi Pemerintah Kabupaten guna mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di Sekadau. Meski demikian, hal tersebut tak berpengaruh terhadap pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Kabupaten Sekadau tetap berlangsung sampai hari kedua ini, Selasa (17/3).

Salah satu dari sekian banyak sekolah yang menggelar UNBK di Sekadau adalah SMK Negeri 1 Sekadau. Yang dari hari pertama sampai hari kedua saat ini masih melangsungkan kegiatan UNBK sesuai prosedur.

Terkait hal ini, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sekadau, Basep mengungkapkan bahwa keputusan yang diambil pihak sekolah saat ini sudah sesuai dengan prosedur dan anjuran dari Gubernur Kalimantan Barat yang dikeluarkan beberapa waktu lalu. Terutama, kata dia, hal tersebut sesuai dengan arahan berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar.

Dalam surat edaran, lanjutnya, siswa kelas X dan XII diminta untuk tidak melakukan aktivitas belajar di sekolah namun diwajibkan untuk tetap melakukan belajar secara mandiri dirumah. Hal itu, kata Basep, dibarengi dengan pihak sekolah yang memberikan tugas bagi siswa untuk dipelajari di rumah guna mempersiapkan diri menghadapi ulangan ujian kenaikan kelas.

“Untuk kelas X dan dan XI kita berlakukan untuk belajar mandiri dirumah mulai 16 Maret hingga 2 April mendatang. Sedangkan untuk siswa kelas XII yang mengikuti UNBK tetap mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan,” jelasnya saat diwawancarai.

Sementara untuk pelaksanaan UNBK bagi kelas XII, Basep mengatakan akan berlangsung selama empat hari terhitung dari tanggal 16 hingga 19 Maret 2020. Untuk SMK Negeri 1 Sekadau sendiri, terangnya, ada 251 siswa/siswi yang terbagi dari tujuh jurusan yang ada di sekolah tersebut.

Disisi lain, Basep juga menjelaskan pihaknya juga telah menekankan bagi setiap siswa untuk mengurangi kontak yang berlebihan. Selain itu, ia juga meminta setiap siswa untuk rutin menggunakan cairan antiseptik serta mengurangi kegiatan di luar rumah terutama di kerumunan orang ramai. Hal tersebut, sambungnya, sebagai langkah mengantisipasi penyebaran virus corona.

Terpisah, Bupati Sekadau, Rupinus sebelumnya juga sempat melakukan peninjauan pelaksanaan UNBK di SMK Amaliyah Sekadau. Dalam peninjauannya tersebut, Rupinus mengingatkan kepada siswa yang mengikuti UNBK untuk terus menjaga kesehatan tubuh selama ujian berlangsung.

“Disamping itu, tentu kita sangat berharap siswa/siswi yang mengikuti UNBK ini dapat memberikan hasil baik dan memuaskan,” ujar Rupinus.

Disisi lain, Rupinus juga mengimbau kepada siswa kelas X dan XII yang saat ini melakukan aktivitas belajar mandiri di rumah untuk tidak melakukan aktivitas diluar rumah, seperti berkumpul apabila dirasa tidak perlu dan tidak penting. Terlebih, kata dia, saat ini wabah Covid-19 sudah masuk dalam kategori bencana nasional dan harus dilakukan langkah pencegahan guna mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut. (*)

Read Previous

Pusat Rehabilitasi Narkoba Terbakar

Read Next

Tabrakan Empat Mobil, Macet Mengular

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *