Pelatihan Pemasaran Produk Online Bagi Pokmas Desa Peduli Gambut

PRODUK POKMAS: Salah satu produk Kelompok Masyarakat Desa Peduli Gambut yang siap dipasarkan secara online. IST

Diajari Cara Unggah Foto, Penamaan Produk Hingga Pengiriman Barang

Sebanyak 11 Kelompok Masyarakat (Pokmas) Desa Peduli Gambut di Kalbar mengikuti pelatihan pemasarkan produk online yang digelar Kedeputian Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut (BRG) RI. Mereka sudah memiliki produk untuk dipasarkan, mulai dari minuman, kripik hingga kerajinan tangan.

———-

KELOMPOK-kelompok peserta pelatihan ini berasal dari Kubu Raya, Mempawah, Sambas dan Kayong Utara, Provindi Kalimantan Barat. Selain dari Kalbar, ada juga peserta yang berasal dari kelompok masyarakat desa terpilih di Provinsi Kalsel, Kalteng, Sumatera Selatan dan Riau.

Pelatihan mendatangkan narasumber dari Mitra BRG yaitu PT Bukalapak.com . Sebelumnya, pelatihan ini telah dilakukan pada Rabu (22/7). Kemudian dilanjutkan Jumat (26/7).

Peserta mengikuti modul dua pelatihan. Di antaranya terkait tutorial upload (mengunggah) foto produk, tutorial penamaan dan deskripsi produk, tutorial proses pengiriman produk, pengenalan manajemen kurir di Bukalapak, dan pengenalan kemasan dasar di marketplace tersebut.

Gilang, pembicara pertama dari Bukalapak memberikan penjelasan tentang cara mengunggah foto. Menurut dia, selain foto yang ditampilkan harus menarik, profil dari barang yang dijual juga harus lengkap. Mulai dari mereknya, tipe, sampai dengan spesifikasi penting lainnya.

Dia juga menjelaskan terkait penamaan barang dan deskripsi produk yang membuat pengunjung tertarik untuk membeli. Sesi ini mengundang perhatian para peserta. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang langsung dikomentari narasumber. Keingintahuan para peserta semakin menambah semangat. Satu jam pelatihan menjadi tidak terasa.

Di sesi kedua ada Yohanes yang membahas tentang pengenalan dasar manajemen logistik. Menurut dia, hal ini sangat penting agar lapak seseorang kebanjiran pesanan. Jika respon penjual bagus maka pembeli akan merasa nyaman dan bahkan merekomendasikan ke pengunjung lain. Sebaliknya, jika tidak bagus maka akan menjadi kendala.

Selain itu, tambah dia, penting juga memahami jenis dan cara kerja jasa pengiriman karena ini memengaruhi kualitas pelayanan. Para pelapak sebaiknya menghindari pembatalan pesanan akibat dari kehabisan stok di gudang. Pelapak juga harus mengetahui ekspedisi yang tepat untuk penjual dan pembeli.

Hal ini penting agar ekspektasi pembeli dapat terpenuhi terkait waktu tiba barang. Jika sampai tepat waktu maka berpotensi mendapatkan ulasan positif dari konsumen. Maka kenalilah jasa pengiriman yang disediakan di marketplace. Kemudian, pahami lama pengiriman barang, layanan apa saja yang disediakan jasa pengiriman tersebut. Selain itu, carilah marketplace yang sesuai dengan kebutuhan, terutama pada barang-barang yang memerlukan perlakuan khusus saat dikirim.

Manfaatkan juga promo gratis ongkos kirim dan lainnya. Terkait ongkos kirim, pahami juga harga kirim dan proses penimbangan. Hal ini untuk menghindari kerugian akibat timbangan yang berubah ketika dikemas di jasa pengiriman. (mrd)

 

loading...