Pelayanan KB DAS; Camat Meliau Minta Dua Kali Dalam Setahun

SUNGAI MAYAM-Camat Meliau Kabupaten Sanggau, R Asmadi ingin agar pelayanan pemasangan alat kontrasepsi program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat program Daerah Aliran Sungai (DAS) bisa dilaksanakan setahun dua kali.

Menurutnya program DAS sangat membantu karena beberapa desa diwilayah Kecamatan Meliau berada di tepian sungai.

“Di Kecamatan Meliau terdapat 19 desa 82 dusun dengan kondisi geografis yang begitu luas. Adanya pelayanan KB gratis program DAS dari BKKBN ini sangat membantu masyarakat setempat,” ujar Camat Meliau, Kabupaten Sanggau, R Asmadi, saat meninjau pelayanan pemasangan alat kontrasepsi di Desa Sungai Mayan, Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau, Jumat (18/9).

Mendengar adanya informasi pelayanan KB gratis Daerah Aliran Sungai, iapun merespon positif dengan langsung menginformasikan kegiatan ini ke 19 desa.

Di hari kegiatan, pantauannya cukup ramai masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan alat kontrasepsi gratis. Pelayanan yang dilakukan pun sesuai dengan protokol kesehatan dimasa pandemi covid 19.

Iapun memandang, adanya kegiatan seperti ini sangat positif. Malahan ia ingin jika pelaksanaannya bisa dilakukan dua kali dalam setahun. Pasalnya di wilayah Kecamatan Meliau ini cukup luas. Sebagian wilayahnya juga berada di tepian sungai.

Dengan antusiasnya masyarakat untuk ikut pemasangan alkon maka sudah mendukung program nasional. “Ini menjadi upaya kami buat mengendalikan ledakan penduduk. Utamanya di Kecamatan Meliau. Mudah-mudahan juga masyarakat di sini bisa menjadi warga yang bahagia dan sejahtera,” ungkapnya.

Mariyani (43) warga Desa Sungai Mayan memilih alkon jenis implan karena tidak ingin jebol.

“Sebelumnya saya pakai alkon jenis suntik. Saya takut jebol lagi, karena anak sudah enam. Implan jangka waktunya juga lama. Tiga tahun,” ungkapnya.

Pelayanan KB di Desa Sungai Mayan sejauh ini cukup mudah. Di sini juga terdapat bidan sehingga ketika dibutuhkan tinggal datang kesana. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat dilakukan kembali ke depannya.(iza)

error: Content is protected !!