Peluncuran Program Tanggap Bencana Kemanusiaan Covid-19; Walikota Ajak Pengurus Masjid Sisihkan Dana Infaq untuk Jamaah Terdampak

Peluncuran Program Tanggap Bencana Kemanusiaan Covid-19 dari Jamaah untuk Jamaah oleh Walikota Pontianak di Masjid Ikhwanul Mukminin, Jl Sungai Raya Dalam, Minggu (28/6) pagi.

Infaq jamaah disalurkan kembali ke jamaah yang terdampak pendemi Covid-19. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono  mengapresiasi kegiatan ini, karena menurutnya terjadi pertambahan jumlah masyarakat miskin akibat pandemi ini. Sehingga dibutuhkan kegiatan tolong menolong kepada sesama.

Program ini diinisiasi Kementerian Agama Kota Pontianak, BAZNAS Kota Pontianak, DMI Kota Pontianak, MES Kalimantan Barat yang didukung Pontianak Post.

Nasrullah Chatib, Ketua Tim kegiatan ini mengatakan, program yang berjalan selama 12 minggu dari Juli hingga September ini, dalam upaya menyikapi dampak Pandemi Covid-19 berupa bencana kemanusiaan yang telah menyebabkan terjadinya penurunan ketahanan ekonomi masyarakat, terutama bagi golongan yang tidak mampu.

“Kegiatan bersama menggalang donasi untuk disalurkan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat golongan yang tidak mampu tersebut melalui masjid-masjid,” katanya.
Donasi yang digalang merupakan infak jamaah dari Masjid-masjid di wilayah Kota Pontianak yang jumlahnya sebanyak 343 Masjid, dan dari Donasi CSR Perusahaan/ Perseorangan.

Syarifendi, Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak akan melibatkan lebih kurang 89 penyuluh agama dalam mendukung program kemanusiaan ini. “Penyuluh agama kami ada 13 orang per kecamatan. Jadi ada 78 orang. Kemudian ditambah dengan 11 yang PNS,”timpalnya.

Menurutnya, jika semua masjid terlibat maka akan banyak bantuan yang mengalir kepada jamaah atau warga yang membutuhkan.

Effendi Lubis, Ketua Pengurus Masjid Ikhwanul Mukminin mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini. Pengurus masjid Ikhwanul Mukminin sudah menyiapkan 10 paket sembako yang langsung disampaikan kepada jamaah usai launching.

Selain mendukung program kemanusian ini, lanjut Effendi masjid ini juga memiliki beragam program pemakmuran masjid. Mulai dari kegiatan coffee morning setiap hari minggu yang mengajak jemaah berbagi informasi, edukasi, hingga ceramah agama, rumah tahfiz, koperasi syariah yang menjual sembako dan air mineral, juga bazar sembako murah, pakaian bekas pantas, dan kegiatan cek kesehatan gratis. (mrd)

loading...