Pembangunan Ulang Pendopo Bupati

pendopo bupati sintang
KEBUT PENDOPO: Pembangunan ulang pendopo Bupati Sintang untuk tahap I sudah mencapai 55 persen. HUMAS FOR PONTIANAK POST

SINTANG-Paska terbakar 26 Juli 2018 lalu, pembangunan ulang Pendopo Bupati Sintang terus dikebut. Saat ini, tahap I pembangunan ulang tersebut sudah mencapai 55 persen.

“Insha Allah pekerjaan tahap I selesai bulan Desember,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Zulkarnain ketika ditemui kemarin.

Untuk mencapai target itu, kata Zulkarnain, pihaknya sudah meminta kontraktor agar pekerjaanya dilaksanakan dua shift.

“Jadi, pada malam hari tetap ada yang bekerja. Tentunya sesuai dengan pekerjaan yang bisa dilakukan saat malam hari. Contohnya pekerjaan lantai atau dinding. Kerjaanya tampak sederhana, tapi rumit. Karena harus dibangun sama seperti bangunan awal,” jelasnya.

Ia mengatakan, pembangunan ulang sempat terkendala oleh meterial. Namun semua material itu sekarang sudah tersedia. Material itu sendiri ditentukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya.

“Saat ini, kontraktor sedang berusaha menyelesaikan target penyelesaian. Pekerjaan sudah sampai pada kerangka atap,” katanya.

Pekerjaan tersebut, kata Zulkarnain, sempat diberikan perpanjangan waktu kerja. “Kami berikan perpanjangan waktu karena bukan murni salah mereka (kontraktor-red). Tapi, disebabkan oleh kesulitan material,” bebernya.

Zulkarnain menjelaskan, pada tahun 2020 nanti ada penambahan pekerjaan penyelesaian tahap II. Yang akan dibangun nanti adalah teras. Selain itu, pos jaga yang lama akan dibongkar. Kemudian dibangun ulang menyesuaikan kondisi bangunan. “Interior tetap tak berubah,” jelasnya. (fds)

error: Content is protected !!