Pembelajaran Efektif

Hasibah, S.Pd.SD.*

Oleh: Hasibah, S.Pd.SD.*

PENDIDIKAN merupakan suatu cara pembentukan kemampuan manusia untuk menggunakan akal pikiran mereka sebagai jawaban dalam menghadapi berbagai masalah yang timbul di masa yang akan datang. Pendidikan juga merupakan usaha sadar yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 salah satu tujuan pendidikan yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui pendidikan yang baik, kita akan mudah mengikuti perkembangan jaman dimasa yang akan datang, khususnya perkembangan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Menurut Sudjana (2010: 22) hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Dalam pengalaman belajar seseorang seharusnya memiliki prinsip belajar dalam menentukan hari depan masing–masing.

Prinsip belajar merupakan segala keadaan atau kondisi yang selalu ada di dalam setiap proses belajar. Berbagai teori belajar menyebutkan bahwa setiap proses belajar sejatinya memiliki suatu prinsip tertentu. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif ketika siswa terdorong dan termotivasi untuk belajar. Artinya seseorang melakukan aktivitas belajar karena ada faktor penggerak berupa motivasi.

Aktivitas belajar yang dipengaruhi oleh dorongan berbagai pihak dalam menentukan pilihannya untuk mendapatkan pengajaran Oleh karena itu, sekolah menjadi lembaga formal dalam mendapatkan kesempatan untuk belajar. Sekolah juga memberikan penghargaan secara tertulis akan adanya sejumlah prestasi yang diraih oleh siswa dalam menjalankan proses belajar.

Seseorang yang melakukan aktivitas belajar secara terus menerus tanpa motivasi dari luar dirinya, berarti seseorang tersebut sudah memiliki motivasi intrinsik yang kuat dari dalam dirinya. Namun, jika seseorang tidak memiliki keinginan atau dorongan untuk belajar secara intrinsik, berarti motivasi ekstrinsik mutlak diperlukan. Motivasi ekstrinsik diperlukan bila motivasi intrinsik tidak ada dalam diri seseorang sebagai subjek belajar. Belajar tumbuh dari kemauan diri sendiri dalam keinginannya mendapatkan pengetahuan.

Ilmu yang didapatkan menjadi sebuah kebutuhan bagi seseorang. Sehingga ketika seseorang dihadapkan pada hal ini. Belajar menjadi sebuah kebutuhan yang utama. Bukan sebuah paksaan dari seseorang. Seperti yang terjadi disaaat sekolah online atau pembelajaran jaraj jauh sekarang ini. Kesulitan terbesar dari semua pihak adalah menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar dan menjadikan belajar adalah sebuah kebutuhan.

Dalam pengajaran dan proses pembelajaran di sekolah, jika terjadi sekolah atau tatap muka dengan batasan siswa yang telah disepakati oleh pihak sekolah. Guru banyak sekali menggunakan metode mengajar dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya metode ceramah yang melengenda. Penggunaan metode ceramah yang terus menerus pada semua mata pelajaran terlebih mata pelajaran Matematika yang dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan rumit dapat menimbulkan kebosanan pada siswa. Akibatnya siswa tidak termotivasi untuk belajar. Apabila masalah tersebut tidak segera diatasi, diduga proses pembelajaran yang terjadi di kelas tidak akan berjalan kondusif dan tujuan–tujuan pembelajaran tidak akan tercapai secara optimal.

Salah satu strategi alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM).  Pendekatan PAKEM merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menjadi pedoman dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendekatan PAKEM merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan tidak membuat siswa bosan ketika belajar. Pada pendekatan PAKEM siswa mengalami keterlibatan secara langsung sehingga tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Sehingga melalui penerapan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah. Apalagi di tingkat sekolah dasar saat masa pendemi sekarang ini. Naik turunnya motivasi dan minat siswa dalam belajar juga menjadi pengaruh besar dalam kegiatan KBM. Karakteristik emosi mereka cenderung lebih banyak pada emosi negatif, seperti tidak bergairah, sehingga kebanyakan dari mereka tidak dapat memusatkan perhatiannya saat belajar. Karakteristik perkembangan sosial siswa yang  masih kurang, siswa tidak dapat bekerjasama dan selalu menolak untuk bekerjasama dalam  tim  atau kelompok, serta sebagian besar siswa sering tidak memperhatikan guru saat menjelaskan, sering bercerita di luar konteks pembelajaran, dan lain sebagainya

Pada prinsip kreatif, guru harus melibatkan aktivitas siswa dalam pembuatan produk atau hasil karya sehingga siswa merasa bahwa ia melakukan dan mengerjakan sesuatu selama pembelajaran dan hasil karyanya pun dihargai dengan pemberian reward. Apapun kegiatan belajar yang dilakukan baik online dan offline, guru harus mengelola kelas dengan sebaik mungkin. Misalnya melalui penggunaan media pembelajaran Matematika yang dapat memudahkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ataupun pengelolaan tempat belajar agar tempat duduk tidak terasa membosankan.

Menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan, guru harus mampu menciptakan pembelajaran  yang nyaman serta tidak membuat siswa tertekan. Guru harus mampu menciptakan suasana belajar sambil bermain agar siswa tidak merasa bosan dan semangat. Terutama ketika siswa  mempelajari Matematika. Suasana belajar yang kondusif menjadikan hal yang dirindukan oleh siswa untuk belajar.

Sesuatu yang menarik dan menyenangkan tentu akan membuat siswa merasa nyaman. Nyaman untuk belajar dan semua kegiatan belajar menjadi hal yang utama siswa dalam mengerjakan tugas dan juga memahami materi belajar. Untuk itu, guru selayaknya memberikan pembelajaran yang efektif, berdaya dan juga memberikan motivasi dalam menumbuhkan minat siswa untuk mengembangkan pengetahuannya. Guru dan siswa berkolaborasi dalam mewujudkan pembelajaran efektif untuk menentukan kenyamanan dalam belajar dan mengajar.

*Guru SDN 22 Kedakas Tayan Hulu

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!