Pembuatan Paspor Calhaj Sekadau Tetap Dilakukan

SANGGAU – Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Candra Wahyu Hidayat mengatakan pihaknya memberikan pelayanan paspor secara terbatas kepada 54 calon haji asal Kabupaten Sekadau selama tiga hari, 2-4 Juni 2020.

Menurutnya, pelayanan paspor secara terbatas bagi para calon haji tetap dilakukan karena ada kesepakatan sebelum Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020 Tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Pada Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M diterbitkan.

“Jadi sebelum SKMA diterbitkan sudah ada kesepakatan antara Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Sekadau dan para calon haji Kabupaten Sekadau,” ungkapnya, Rabu (3/6).

Pelaksanaan pelayanan paspor secara terbatas ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat.

“Seluruh petugas dan jamaah haji harus menggunakan APD, mencuci tangan dan mensterilkan tangan dengan Hand Sanitizer yang telah disediakan,” katanya.

Sementara itu, untuk calon haji yang berasal dari Kabupaten Melawi, sedianya juga akan dilakukan dalam waktu dekat, namun akhirnya dibatalkan seiring telah diterbitkannya SKMA dimaksud. (sgg)